Langsung ke konten utama

Specialty Coffee adalah Kopi Spesial?

Gambar Specialty Coffee adalah Kopi Spesial?
Kopimat.com - Kopi spesial atau kopi istimewa merupakan kopi yang dapat hadir secara konsisten melalui dedikasi orang-orang yang telah menjadikan seluruh kualitas kopi sebagai prioritas utama mereka. Specialty Coffee adalah kopi yang berkualitas tinggi khususnya pada rasa yang enak dan tidak berubah. Hal ini bukan pekerjaan gampang dan dikerjakan hanya satu orang dalam siklus hidup buah dan biji kopi untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi.
Because great coffee does not just happen.
Kopi yang nikmat tidak dapat terjadi begitu saja.
Keistimewaan kopi hanya dapat terjadi jika semua yang terlibat dalam rantai nilai tambah kopi dapat bekerja secara harmonis dan mempertahankan fokus pada standar dan keunggulan dari awal proses hingga akhir baik dalam kondisi tersaji atau kopi yang diperjualbelikan. Kondisi ini bukanlah pencapaian yang mudah, namun karena para profesional kopi yang berdedikasi ini, sehingga hadirlah kopi spesial yang istimewa tersedia saat ini, di seluruh dunia, dan kemungkinan besar berada di dekat Anda.
Kualitas tinggi?
Ya, karena umumnya kopi dapat dihasilkan dari dataran tinggi.
Tingkatan Kontrol Kualitas Super Premium Specialty Coffee, dimulai :
  1. Produsen (petani) dengan proses menjadi Green Coffee
  2. Green Coffee Buyer
  3. Cupper
  4. Roaster
  5. Barista
  6. Peminum/Penikmat Kopi

Orang-orang Dalam Lingkungan Kopi Istimewa

Kopi yang enak dimulai dengan produsen atau petani yang keluarganya mungkin telah menghabiskan beberapa generasi menyempurnakan pendekatan mereka untuk menanam kopi dengan kualitas setinggi mungkin. Tumbuh di ketinggian dan iklim tertentu dan dirawat selama bertahun-tahun sebelum panen pertama, produsen yang membuat kopi seacara khusus mengabdikan hidupnya untuk memurnikan dan menyempurnakan kopi berkualitas tertinggi di planet ini.

Jika semua orang bilang kopinya enak, maka kopi itu istimewa. Bagi mereka, kualitas bukan kuantitas yang menjadi pertimbangan terpenting. Hanya kopi yang bebas dari cacat dan dipetik pada puncak kematangannya yang akan berlanjut ke tangan berikutnya untuk diproses lebih lanjut. Bagi petani, dapat terhubung dengan pembeli yang berpikiran berkualitas memastikan pilihan keuntungan yang lebih tinggi yang mendukung individu, keluarga, dan komunitas di seluruh dunia. Kuantitas sedikit dengan kualitas tertinggi.

Kopi hijau selanjutnya ditransfer dari petani atau produsen ke pembeli kopi hijau yang mungkin kedua pihak memiliki sertifikasi Program Keterampilan Kopi, baik penjual maupun pembeli. Pada dasarnya, mereka dapat saja memiliki selera yang berbeda tentang kopi, tetapi dapat dengan cepat dan cermat mengidentifikasi kualitas kopi melalui cupping, atau mencicipi kopi seduh secara sistematis.

Melalui proses cupping, pencicip kopi (cupper) dapat menilai skor kopi dan menentukan apakah itu kualitas kelas khusus (Super premium specialty coffee) atau kelas rendah (off grade), lalu membuat keputusan tentang kopi mana yang akan mereka sertakan dalam transaksi mereka, sekaligus menambahkan keterangan atau catatan rasa untuk kopi tersebut pada kemasan akhirnya. Pembeli kopi hijau memiliki peran besar dalam mengkomunikasikan informasi tentang kopi kepada petugas roaster dan barista kafe.

Biji Kopi berkualitas tinggi (High quality coffee beans) selanjutnya ditransfer ke pemanggang kopi (roaster) yang mungkin telah memiliki sertifikat keahlian untuk memanggang biji kopi spesial dengan terampil. Memanggang kopi adalah seni yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman tingkat tinggi untuk menghasilkan profil sangrai tingkat khusus. Kopi harus dipantau secara ketat selama proses pemanggangan dan prinsip ilmiah perpindahan panas, termodinamika, dan kimia kopi harus diterapkan untuk memastikan standar kualitas dan citarasa tertinggi yang muncul dari biji kopi yang telag disangrai.

Setelah biji kopi spesialti yang istimewa mencapai lingkungan ritel, biji kopi tersebut telah melewati 3 tingkat pemeriksaan untuk memastikan kontrol kualitas yang sangat tinggi, namun prosesnya belum selesai. Barista, yang mungkin memiliki sertifikat keahlian penyeduh kopi adalah ahli kopi terakhir untuk menjamin siklus hidup biji kopi spesial selesai dan siap disajikan. Tingkat keahlian Barista tidak hanya sangat terampil dalam pengoperasian peralatan pembuatan atau penyeduh kopi; mereka harusnya secara rutin diinformasikan secara mendalam tentang asal biji kopi dan bagaimana profil rasanya akan terungkap dalam pembuatan seduhan kopi. Jika biji kopi spesial tidak diseduh dengan benar, kemungkinan potensi rasa sebenarnya dapat hilang; Barista memastikan setiap biji kopi istimewa mencapai janji yang diseduh sepenuhnya.
Barista memastikan setiap biji kopi istimewa mencapai janji yang diseduh sepenuhnya.
Anda sebagai peminum dan penikmat kopi juga mempunyai pengaruh atas kontrol pada kualitas kopi istimewa. Jika Anda menilai bahwa kopi istimewa itu tidak istimewa, maka semua penilaian dari awal proses kopi akan menurunkan pendapat tentang kopi istimewa tersebut. Faktanya, konsumenlah yang melengkapi siklus hidup biji kopi spesialti dengan secara aktif mencari dan memilih pilihan-pilihan kopi spesial. Mana yang sebenarnya kopi istimewa menurut konsumen penikmat kopi.

Saat Anda meluangkan waktu untuk menemukan kedai kopi atau pemanggang kopi lokal yang berdedikasi pada kualitas, atau luangkan waktu ekstra untuk belajar dari barista Anda tentang orang-orang yang tangan dan hasratnya menghasilkan secangkir kopi hitam yang Anda nikmati sehingga Anda dapat memberi lebih banyak informasi. Bahlan lebih jauh, Anda punya pilihan atas jenis kopi yang dihasilkan oleh petani.
Anda sebagai penikmat kopi adalah penentu kualitas terakhir dari apa yang disebut Specialty Coffee
Pilihan, Anda menunjukkan tidak hanya komitmen terhadap standar kualitas rasa kopi dengan kualitas tinggi, tetapi juga komitmen terhadap standar hidup yang lebih tinggi untuk setiap orang yang berkontribusi di sepanjang jalan proses tanaman kopi, buah kopi, biji kopi, kopi sangrai, sampai diseduhkan di atas meja Anda. Inilah yang disebut sebagai Specialty Coffee atau Kopi Spesial.


Kopimat, Kopi Nikmat

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan