Langsung ke konten utama

43 Defenisi Kopi adalah

Gambar Defenisi Kopi adalah
Kopimat.com - Kopi sebagai minuman yang diseduh dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Tingkat kehalusan bubuk biji kopi berbeda-beda dari masing-masing penyedia kopi, bahkan penikmat kopi juga membutuhkan tingkat kehalusan bubuk biji kopi masing-masing. Lebih dari 51 (limapuluh satu) negara membudidayakan kopi yang membuat kopi dalam berbagai sediaan menjadi komoditas dunia yang diunggulkan. Secara umum ada 2 (dua) varietas komoditas kopi yaitu Kopi Arabika (arabica coffee) dari tumbuhan spesies coffea arabica dan Kopi Robusta (robusta coffee) dari tumbuhan spesies coffea canephora.

Walaupun ada varietas lain yang belum diketahui banyak orang tetapi memiliki rasa kopi yang sangat nikmat, yaitu Kopi Liberika atau Kopi Liberia (Liberica Coffee) dari tumbuhan spesies coffea liberica dan Kopi Excelso (Excelso Coffee) dari tumbuhan spesies Coffea excelsa.

Selain itu ada juga jenis-jenis kopi lainnya seperti : Tanzania Peaberry, Jamaican Blue Mountain Coffee, Coffea benghalensis - Kopi Bengal, Hawaiian Kona coffee, Ethiopian Yirgacheffe, Coffea congensis - Kopi Kongo, Ethiopian Harrar, Coffea bonnieri, Guatemala Huehuetenango, Coffea gallienii, Coffea mogeneti, Costa Rican Tarrazu, Coffea stenophylla - Kopi Sierra Leon, coffea charrieriana, dan lain-lainnya.

Jenis-jenis kopi inilah hasil dari spesies kopi yang ditanam diberbagai wilayah perkebunan. Apapun jenis kopinya, rasanya tetap nikmat. Penikmat Robusta akan bilang bahwa kopi robusta adalah kopi ternikmat. Penikmat arabica akan bilang bahwa kopi arabica adalah kopi ternikmat, demikian halnya dengan penikmat kopi liberika ataupun spesies dan jenis kopi lainnya.

Bagi penikmat kopi, defenisi kopi diatas bukanlah menjadi defenisi baku yang terus-menerus digaungkan. Banyak penikmat kopi yang akhirnya mempunyai defenisi-defenisi kopi tersendiri. Baik itu terhadap single origin maupun blended, ataupun defenisi yang kamu susun berdasarkan kata-kata kopi yang kamu dapat dari pikiranmu sendiri.

Ketika kamu minum kopi, maka kamu akan menemukan defenisi kopi tersendiri.

Defenisi Kopi adalah :
  1. Kopi adalah cinta
  2. Kopi adalah kerinduan.
  3. Kopi adalah mahakarya.
  4. Kopi adalah manisnya hidup.
  5. Kopi adalah ide brilian.
  6. Kopi adalah identitas.
  7. Kopi adalah sahabat yang baik.
  8. Kopi adalah kebahagian.
  9. Kopi adalah penantian.
  10. Kopi adalah harga diri.
  11. Kopi adalah ketulusan hati.
  12. Kopi adalah kedamaian.
  13. Kopi adalah kebenaran.
  14. Kopi adalah penyelamat.
  15. Kopi adalah persahabatan.
  16. Kopi adalah alami.
  17. Kopi adalah ketenangan
  18. Kopi adalah kehidupan.
  19. Kopi adalah meneduhkan.
  20. Kopi adalah menentramkan.
  21. Kopi adalah kenyamanan.
  22. Kopi adalah kerukunan.
  23. Kopi adalah harmonisasi.
  24. Kopi adalah keselarasan.
  25. Kopi adalah keserasian.
  26. Kopi adalah keseimbangan.
  27. Kopi adalah bersahaja.
  28. Kopi adalah perihal tentang adem, ayem, tentrem.
  29. Kopi adalah saat-saat santai menikmati indahnya hidup.
  30. Kopi adalah nikmat hidup tiada tara.
  31. Kopi adalah kebugaran.
  32. Kopi adalah kesehatan.
  33. Kopi adalah penyejuk walau dalam keadaan panas.
  34. Kopi adalah keleluasaan.
  35. Kopi adalah penyemangat.
  36. Kopi adalah hitam.
  37. Kopi adalah kamu itu sendiri.
  38. Kopi adalah pelengkap pagi hari.
  39. Kopi adalah keceriaan di sore hari.
  40. Kopi adalah kawan di malam hari.
  41. Kopi adalah keleluasaan menulis.
  42. Kopi adalah istimewa.
  43. Kopi adalah ...


Kopimat, Kopi Nikmat

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan