Cara Membuat dan Resep Kopi Gula Aren Sederhana



Kopimat.com - Kopi gula aren menjadi hal kekinian yang banyak dicari dan disukai oleh penikmat kopi. Anda penikmat kopi tapi tidak tahu bagaimana cara membuat kopi gula Aren? Bahkan mungkin Anda belum mengetahui resep kopi gula aren secara sederhana? Jenis minumanan ini sebenarnya dapat dibuat sendiri di rumah yang rasanya tidak kalah dengan citarasa yang disajikan di cafe-cafe ataupun kedai kopi.
gambar Cara Membuat dan Resep Kopi Gula Aren Sederhana
Anda harus punya kopi, air, gelas, sendok dan gula aren

Kenapa gula aren?

Bagi penikmat kopi yang ingin ada rasa manis alami pada kopi hitam yang disruputnya, secara umum akan menambahkan gula putih atau gula pasir pada seduhan kopinya. Jelas secara kandungan yang terdapat dalam gula aren lebih unggul daripada kandungan yang ada dalam gula pasir.

Dilihat dari unsur glikemik yaitu unsur kandungan pada bahan makanan atau minuman yang dapat meningkatkan gula darah. Jika angka glikemik lebih besar, maka bahan makanan atau minuman tersebut lebih cepat meningkatkan gula darah.

Angka glikemik pada gula aren yang telah diteliti rata-rata pada angka 35, sedangkan angka glikemik pada gula pasir berada pada tingkatan angka lebih dari 58. Hal ini menunjukkan gula aren lebih kecil meningkatkan gula darah daripada gula pasir pada takaran berat yang sama. Hal ini  menunjukkan juga bahwa gula aren lebih aman dikonsumsi dibandingkan mengonsumsi gula pasir. Tetapi haruslah tidak secara berlebihan.

Gula aren juga mengandung riboflavin, thiamine, asam askorbat, vitamin C dan juga protein serta nutrisi yang lebih baik daripada gula pasir.

Hal ini membuat penikmat kopi yang membutuhkan rasa manis pada seduhan kopinya lebih menyukai menambahkan gula aren daripada gula pasir.

Jenis Gula Aren

Gula aren yang dibuat secara alami memiliki beberapa hasil produk, bahkan penyebutan gula aren ini pun sangat banyak namanya. Sama banyaknya dengan penamaan pohon yang menghasilkan bahan dasar pembuatan gula aren. Untuk penamaan gula aren dan ragam penamaan pohonnya dapat disimak dalam Cara Membuat Gula Aren di Rokan Hulu.

Gula Aren yang masih belum diproses disebut Air Nira. Jika air nira dimasak dan sedikit mengental akan menjadi Sirup Aren. Jika Sirup Aren terus dimasak dan lebih mengental lalu dituangkan didalam cetakan akan menjadi Gula Aren cetakan. Baik bentuknya pipih, tabung ataupun bulat cembung sesuai dengan bentuk cetakan yang dibuat oleh para pembuat gula aren. Jika gula aren terus diaduk dengan api yang dipadamkan, lalu digerus dan diayak, akan menjadi Gula Semut atau Palm Sugar yang berbentuk bubuk kasar. Di pasaran dijual dalam sachet sehingga disebut Gula Aren Sachet.

Ketika menyajikan kopi gula aren, semua bahan diatas dapat diseduh dalam kopi sesuai selera. Misalnya membuat kopi yang diseduh bersama air nira, atau diseduh bersama sirup aren. Walaupun di kedai kopi atau cafe lebih dikenal kopi yang diseduh bersama gula aren ataupun gula semut. Beberapa kedai kopi atau cafe menyajikan kopi gula aren secara terpisah, dimana seduhan kopi hitam diiringi dengan gula aren atau gula semut di dalam piring, mangkok atau wadah lainnya.
Citarasa kopi gula aren ini sungguh tiada duanya
Gula Aren di beberapa tempat disebut sebagai gula enau ataupun gula jawa. Beberapa kedai kopi atau cafe menggunakan nama Kopi Gula Enau dibandingkan penamaan Kopi Gula Aren. Hal ini dapat disebabkan karena di daerah tersebut lebih dikenal nama gula enau daripada gula aren.

Suatu inspirasi nama usaha baru atau nama menu baru dengan adanya beragam penamaan atas gula aren tersebut. Misalnya nama menu Kopi Gula Melaka, karena sebagian daerah Malaysia ataupun pesisir pantai Riau lebih mengenal nama gula Melaka daripada gula aren.

Membuat Kopi Gula Aren

Biji kopi yang bagus, disangrai dengan tepat, diseduh dengan pas akan menghasilkan kopi hitam yang nikmat. Hal ini menjadi kesepakatan banyak penikmat kopi. Bagaimana caranya agar rasa kopi itu agak lebih manis atau rasa kopi itu memiliki citarasa baru. Penambahan gula aren menjadi saran terbaik.

Untuk mengetahui cara membuat kopi gula aren ada sedikit resep kopi yang  enak ini untuk disimak. Yang perlu dipastikan apakah Anda mau menggunakan tambahan air nira, sirup aren, gula aren atau gula semut pada seduhan kopi Anda. Hal ini dapat dicoba dan disesuaikan dengan selera lidah masing-masing penikmat kopi.

Tak banyak hal yang harus disiapkan, yang jelas Anda harus punya kopi, air, gelas, sendok dan gula aren. Bagaimana teknik menyeduh kopi hitam yang pas, Anda pasti telah membuat tips dan trik tersendiri sesuai selera Anda.

Bahan-bahan Resep Membuat Kopi Gula Aren :
  • Kopi 8 gram
  • Air bersih 150 ml
  • Gula Aren 1 sendok teh atau sesuai selera
Peralatan membuat kopi gula aren :
  • Kompor
  • Gelas
  • Sendok
  • Tempat perebus kopi
Cara Membuat Kopi Gula Aren
Hidupkan kompor, tuang air dalam tempat rebusan kopi, rebuslah air sampai agak menghangat lalu masukkan kopi. Biarkan air dan kopi sampai mendidih lalu tuang dalam gelas. Boleh disaring. Tambahkan gula aren dan aduk merata.

Kopi Gula Aren yang pas dan nikmat siap disajikan dengan cara pembuatannya yang sederhana. Teknik membuat kopi gula aren ini dapat menjadi tidak sesederhana itu jika kopi hitam sebagai Kopi Espresso yang akan ditambahkan gula aren dibuat dengan cara menggunakan mesin atau teknik membuat kopi hitam yang pas lainnya.

Secara umum, cara membuat kopi gula aren ini jika telah siap kopi hitamnya, maka gula aren ditambahkan oleh masing-masing penikmat kopi denngan takaran gula aren masing-masing sesuai selera. Hal ini karena rasa manis yang dibutuhkan oleh masing-masing penikmat kopi akan bereda. Silahkan dicoba. Kopimat, Kopi Gula Aren Lebih Nikmat