Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri.
Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)
Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso.

Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat disebut kopi espresso bukan sajian kopi jenis lainnya. Sajian minuman kopi jenis espresso ini memang berasal dari Itali dengan berbagai jenis variannya yang akan dijelaskan di bawah.

Kopi Espresso adalah minuman kopi hitam yang berasal dari negara Italia ini dikenal lebih kental atau pekat dan punya konsentrasi kopi yang lebih tinggi yang menyebabkan tingginya kadar kafein. Kondisi ini disebabkan ekstraksi bubuk kopi yang halus oleh mesin espresso dengan cepat, adanya semburan air panas bertekanan tinggi dan menghasilkan buih atau busa di bagian atas seduhan kopi.

Hal ini membuat kopi espresso disajikan dengan volume yang kecil saja tetapi hal tersebut membuatnya sebanding dengan kopi lain dengan volume yang lebih besar.

Cara Membuat Kopi Espresso Sesuai Standar Kopi Espresso

Cara membuat kopi espresso berdasarkan standar kopi espresso yang dikeluarkan oleh SCAA (Specialty Coffee Association of America) dengan takaran sebanyak antara 7-9 gram ditekan sebesar 9-10 atm dengan semburan air panas bersuhu 90-96 derjat celcius sebanyak 25-35 ml dalam 22-28 detik. Hal ini lebih memenuhi standar kopi internasional (International Coffee standards) pada penyajian kopi espresso dan dapat diterima secara umum.

Hasil tekanan semburan air panas ke bubuk kopi tersebut menghasilkan seduhan kopi yang kental dengan adanya krema di bagian atas seduhan.

Krema atau Crema adalah buih atau busa berwarna keemasan hasil dari tekanan air panas pada bubuk kopi yang tampil pada bagian atas seduhan kopi espresso.
Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)
Beberapa barista pada cafe penyedia kopi memilih cara pembuatan kopi espresso yang benar-benar cepat yaitu langsung menakar 8 gram bubuk kopi halus ditekan pada 30 ml air panas bersuhu 88-92 derjat celcius selama 30 detik. Krema yang dihasilkan agak lebih sedikit daripada membuat kopi espresso sesuai standar SCAA. Tetapi sajiannya lebih cepat dengan rasa tidak jauh berbeda. Ketika memesan, misalnya 8 gelas kopi espresso, maka sajiannya akan memiliki volume yang sama dan terlihat lebih cantik.

Pada sajian dengan cara manual brewing atau seduhan tradisional, krema tidak akan muncul atau hanya muncul buih sedikit saja (belum menjadi busa). Berbeda dengan kopi espresso yang dibuat dengan mesin bertekanan tinggi akan menghasilkan krema akan memenuhi seluruh permukaan air pada gelas dengan ketebalan 0,5 cm atau bahkan lebih.

Penggemar kopi espresso di Indonesia berkembang semakin banyak karena seduhannya yang kental mirip dengan seduhan kopi gaya tradisional di warung-warung biasa.

Sajian kopi espresso dapat ditambahkan dengan sirup whipped, susu keledai ataupun cream. Hal ini menambah citarasa dari jenis minuman kopi espresso yang disajikan dengan cepat.

Jenis-jenis Kopi Espresso

Minuman Kopi Espresso ini memiliki berbagai varian jenis ketika disajikan. Tergantung dari barista yang membuatnya atau berdasarkan pesanan khusus dari penikmat kopi yang memesannya.
  1. Espresso Coffee atau para penggemar kopi menyebutnya Espresso Shot atau disingkat Shot saja dengan berat bubuk kopi halus 8 gram pada 30 ml air yang ditekan selama 20-30 detik. Takaran kopi espresso ini biasa disebut Kopi Espresso Single Shot. Sedangkan Kopi Espresso Double Shot adalah jumlah bubuk kopi halus 2 kali lipat yaitu sekitar 16 gram pada takaran air, tekanan dan waktu yang sama. Kekentalan double shot sama seperti kekentalan kopi Ristretto tetapi dengan volume 2 kali lebih banyak. Bagaimana dengan Kopi Espresso Triple Shot? Berat bubuk kopi halus pada jenis minuman kopi espresso triple shot adalah 3 kali lipat yaitu sekitar 24 gram pada takaran air, tekanan dan waktu yang sama.
  2. Ristretto Coffee, Ristretto adalah jenis minuman kopi espresso yang lebih kental dengan batasan air tertentu yaitu 1 dosis kopi diseduh dengan 0,5 dosis air espresso. Cara membuat kopi ristretto adalah 8 gram bubuk kopi halus diberi semburan 15-20 ml air panas bertekanan tinggi. Kopi Ristretto lebih kental dari pada kopi espresso tetapi mempunyai volume yang lebih kecil.
  3. Lungo Coffee, Minuman Kopi Lungo adalah kebalikan dari minuman kopi ristretto yaitu kopi yang lebih encer dimana cara pembuatan kopi lungo adalah 1 dosis kopi pada 2 kali volume air. Membuat kopi lungo membutuhkan 8 gram bubuk kopi halus yang disembur sekitar 60 ml air panas bertekanan tinggi. Sajiannya akan terlihat volume minuman kopi lebih banyak tetapi dengan kekentalan lebih sedikit atau lebih encer.

Jenis Minuman Kopi Espresso Campuran

Berbagai jenis kopi espresso yang dikembangkan karena kebutuhan atas kesesuaian rasa dimulut sangat banyak. Kopi yang dalam bahasa Italia disebut Caffe atau Coffee dalam bahasa Inggris menjadi minuman para penikmat kopi sejati di Italia. Inilah beberapa jenis varian kopi espresso yang berkembang.

  1. Americano Coffee, Kopi Americano adalah espresso yang double shot (double shot espresso) dengan perbandingan air 1:3 atau 1:4. Jenis minuman kopi Americano ini karena tentara Amerika yang bertugas di Itali tidak kuat meminum kopi yang kental. Kopi Americano ini lebih encer daripada jenis minuman Kopi Lungo.
  2. Caffe Macchiato Coffee, Kopi Macchiato adalah kopi yang dibuat dengan cara kopi espresso baik single shot maupun double shot yang diberi sajian topping buah atau busa dari streamed milk. Macchiato berarti menodai (memberi noda) pada warna hitam kopi espresso dengan busa susu yang putih.
  3. Cappucino Coffee, Dalam bahasa Itali, Cappucino berarti 1 cup kecil atau little cup. Kopi Cappucino (kapucino) adalah minuman kopi yang dibuat dari 1 dosis kopi espresso yang ditambahkan dengan 1 dosis steamed milk dan 1 bagian buih susu. Kopi ini akan terasa lebih lembut dan renyah saat disruput. Campuran Kopi Cappucino diatas busa (foam) susu yang tebal dapat berupa taburan bubuk kayu manis, bubuk coklat, bubuk gula aren atau gula palma.
  4. Caffe Latte Coffee, Kopi Cafe Latte adalah minuman yanng mirip dengan minuman Kopi Cappucino yang terbuat dari dari dasar kopi espresso yang dicampur dengan steamed milk. Susu pada kopi Cafe Latte lebih banyak daripada buih (foam).
  5. Caffe Affogato, Kopi Affogato bukan Avogado adalah minuman kopi espresso yang diberi es krim sebagai ganti dari susu. Kondisi eskrim yang agak tenggelam itulah yang disebut Affogato, kemudian eskrim tersebut menyatu dengan kehangatan kopi espresso.
  6. Caffe Mocha, Kopi Mocha adalah jenis minuman kopi campuran susu dan coklat. Coklat yang digunakan umumnya coklat bubuk daripada coklat air dimana rasa kopi kalah dengan dominasi rasa coklat. Terkadang sebagian orang menyebutnya kopi mocha sebagai minuman coklat susu dengan rasa kopi.

Sumber :
http://www.scaa.org
https://sca.coffee
https://scanews.coffee

Sumber foto : Pixabay : Senorkose dan Pexels

Kopimat, Kopi Nikmat Espresso dibuat oleh tangan-tangan yang ahli dan sesuai selera Anda.