Langsung ke konten utama

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah
Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi.

Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa.

Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak dan sesuai dengan lidah orang banyak. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menemukan selera Anda sendiri, karena soal selera itu relatif. Tidak bisa disamakan antara yang satu dan yang lain. Tapi untuk pengetahuan Anda, tak ada salahnya jika Anda tahu bagaimana takaran kopi kelas dunia yang secara umum disukai orang.

Takaran Kopi dan Air dalam Menyeduh Kopi
Sebuah jurnal internasional bernama the golden cup ratio yang diterbitkan oleh SCAA (Speciality Coffee Association of America) menyebutkan, untuk 55 gram, air yang dibutuhkan sebanyak 1 liter. Atau untuk 55 gram kopi dibutuhkan air sebanyak 1000 ml. Dari jumlah ini bisa dibuat perbandingan sebesar 1: 18, antara kopi dan air yang digunakan. Angka perbandingan ini sering disebut dengan istilah Coffee to Water Ratio.

Bila Anda membuat kopi dalam takaran ons, perbandingan yang diperoleh dengan mengkonversikan gram ke ons sebesar 1: 30. Yakni untuk 1 ons kopi dibutuhkan air sebanyak 30 ml. Untuk 7 ons kopi dibutuhkan air sebanyak 250 ml. Angka ini bisa Anda hitung sendiri sesuai dengan kebutuhan jumlah kopi yang akan Anda buat. Dengan demikian rasanya tidak berubah. Salah satu kegagalan para pembuat kopi nikmat adalah mereka yang mengabaikan takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak sehingga setiap kali membuat rasanya akan berubah, hal ini tentu saja bila Anda sajikan di kafe akan berantakan hasilnya. Pelanggan akan lari karena rasa yang selalu berubah. Jadi pentingnya takaran kopi bukan hanya untuk selera pribadi, namun juga menjadi bekal untuk Anda yang akan menjalankan bisnis kopi.

Takaran Kopi dan Gula
Lalu bagaimana pula bila Anda tak menyukai rasa kopi hitam yang pahit dan ingin menambahkan gula? Soal jumlah gula juga relatif ukurannya, namun untuk mendapatkan rasa yang bisa Anda pelajari lebih dulu, Anda bisa membuat perbandingan dengan jumlah sendokan gula dan kopi yang dipakai. Untuk satu sendok kopi, biasanya dibutuhkan 1,5 sendok gula untuk mengurangi rasa pahitnya. Namun sekali lagi untuk gula tentu soal selera, karena tidak semua orang mau menggunakan gula, atau bagi mereka yang memiliki diabetes tentu harus menghindarkan gula. Akan tetapi untuk mereka penyuka rasa manis, tak cukup hanya dengan tambahan gula, sensasi manis juga didapatkan dari creamer, UHT hingga coklat. Tergantung selera setiap orang.

Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak
Bila Anda memiliki sedikit modal untuk membuat kopi nikmat yang enak, tentunya bisa membeli peralatan kopi sendiri. Mulai dari alat penggiling hingga penyeduh. Keuntungan Anda memiliki alat ini adalah untuk bisa membantu Anda membuat kopi yang masih segar dan harum aromanya, serta mendapatkan takaran yang tetap sehingga rasanya pun selalu sama. Akan tetapi jika Anda tak memiliki alat kopi, bukan berarti Anda tak memiliki kesempatan membuat kopi hitam enak ala barista. Dengan takaran yang pas di atas, juga bisa membantu Anda mendapatkan rasa kopi yang nikmat.

Pastikan kesegaran dan kualitas kopi yang Anda buat, tetapkan jumlah air atau gula yang dibutuhkan, dan Anda pun bisa menyeduhkan dengan peralatan teko sederhana yang dilengkapi filter dan cawan keramik. Gunakan juga air mineral untuk menjaga rasa dan aroma kopi agar tidak berubah. Jangan gunakan air yang terlalu panas, sebaiknya seduh kopi dengan suhu air mencapai 90 derajat celcius. Jika terpaksa ingin menggunakan susu, pilih jenis UHT jangan creamer untuk rasa yang lebih mantap.

Dalam membuat kopi hitam, takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak harus tetap diperhatikan. Anda membuat kopi untuk berapa orang, tentu takaran juga harus mengikuti rasio perbandingan seperti yang dijelaskan di atas. Berpetualang mencari rasa yang baru boleh saja, asal tidak gagal jika akan disajikan untuk orang banyak. Meracik dan menyajikan kopi akan menjadi hobi tersendiri bagi para pecinta kopi, ini akan jadi pengalaman unik yang selalu berubah dan menantang.

Bila ingin membuat kopi yang enak, jangan lupa juga sering berjalan ke banyak tempat, mengunjungi kafe-kafe yang ada di daerah tersebut untuk mengetahui singel origin paling enak yang ada di suatu tempat. Perhatikan juga kesehatan Anda, dan sesuaikan dengan kopi yang Anda konsumsi. Minuman yang nikmat jangan sampai membuat Anda abai dengan kondisi kesehatan dan akhirnya membuat Anda sakit.

[ Kopimat | Kopi Nikmat | Kopi Hitam ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan