Langsung ke konten utama

Mengenal Kopi Toraja Indonesia

Kopi Toraja Indonesia Coffee

Kopimat.com - Kopi toraja merupakan salah satu kopi terbaik Indonesia yang sudah dikenal di pasar internasional. Jenis kopi ini terdiri dari dua varian yang kopi robusta dan kopi arabika. Kopi ini disebut juga dengan istilah Celebes Kalosi. Menjadi salah satu kopi Indonesia yang telah diekspor, bersama-sama dengan kopi gayo, kopi luwak dan yang lainnya.

Cita rasa kopi toraja dikenal sangat nikmat dan khas. Salah satu sebabnya karena ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 mdpl, yakni di Pegunungan Sasean. Di tanam di kawasan tanah vulkanik. Pohon-pohon kopi di daerah ini ditanam berdampingan dengan aneka tanaman rempah, sehingga tak heran jika kopi toraja memiliki aroma rasa yang wangi dan khas.

Ciri-Ciri Kopi Toraja
Kopi toraja memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warna coklat tua. Bentuk ini membuat kopi toraja tersebut cukup mudah dikenali. Memiliki aroma yang sangat harum dan khas, bahkan pada saat pertama kali membuka kemasannya. Kopi ini memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa yang tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Tingkat keasamannya juga cukup rendah sehingga menjadi idola bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Dengan keistimewaan tersebut, tak heran jika kopi ini memiliki keistimewaan yang membanggakan bagi Indonesia.

Proses panen kopi toraja sangat selektif. Hanya yang benar-benar sudah tua yang dipanen. Selanjutnya diolah dengan metode giling basah (wet-hull method). Setelah kopi disangrai, disarankan untuk mendiamkannya beberapa hari lebih dulu sebelum akhirnya dihaluskan.

Jenis kopi toraja dari varian arabika lebih terkenal dibandingkan robusta. Bahkan kopi toraja banyak diidentikkan orang dengan kopi arabika, karena lokasi tanamnya yang sangat mendukung untuk varian arabika tersebut. Kopi toraja arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan robusta toraja.

Buat Anda yang menginginkan jenis kopi toraja dengan cita rasa yang lebih kuat dan lebih pahit, bisa memilih jenis kopi toraja robusta. Meskipun tidak sepopuler kopi arabika toraja, namun varian ini tetap dicari oleh mereka yang menginginkan cita rasa kopi yang lebih kuat, lebih kuat dari rasa arabika. Rasa pahit yang kuat pada varian robusta disebabkan kadar kafein pada jenis kopi ini lebih tinggi dibandingkan arabika.

Bila Anda ingin menikmati varian kopi arabika toraja, maka biasanya Anda akan ditawari tiga rasa utama yakni yang rasanya ringan, fruity dan beraroma khas seperti rempah-rempah. Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang lebih unik, banyak pula orang yang mencampurkan antara kopi arabika toraja dan torabika toraja. Rasa yang lebih sempurna akan terwujud dari dua kombinasi varian ini.

Mengenai informasi biji kopi toraja yang akan Anda seduh biasanya sudah tercantum secara lengkap di bagian kemasan.

Kopi toraja sudah sangat populer dan disukai banyak orang sehingga tak heran jika komunitas pecinta kopi ada yang membuat komunitas khusus untuk para pecinta kopi toraja. Rasanya yang menjawab semua kebutuhan selera para pecinta kopi, membuat kopi toraja semakin populer, bukan hanya di Indonesia namun juga untuk para pecinta kopi di dunia.

Berapa Harga Kopi Toraja Indonesia?
Buat Anda yang belum pernah mencoba rasa kopi toraja tentu saja penasaran bukan, berapa sih harga kopi yang sudah dikenal dan populer hingga mancanegara tersebut. Yang jelas, harga kopi toraja arabika tentu akan lebih tinggi dibandingkan toraja robusta.

Harga biji kopi toraja yang belum digiling biasanya sebagai berikut:
  1. Harga 100 ribu rupiah per kilo untuk jenis kopi arabika robusta, cocok untuk para pecinta kopi yang memang menyukai rasa pahit yang kuat dengan kandungan kafein yang lebih tinggi.
  2. Harga 160 ribu rupiah per kilo untuk jenis kopi arabika robusta yang lebih istimewa. Para pecinta kopi bisa memilih apakah rasa yang ringan, fruity atau yang memang memiliki aroma rempah yang khas.

Harga-harga tersebut hanya kisaran prediksi saja. Bisa saja berubah sesuai dengan kondisi daerah penjualannya masing-masing. Namun yang jelas, harga kopi arabika tetap akan lebih mahal di atas kopi robusta. Adanya yang dijual untuk seperempat kilogram dengan harga 40 hingga 50 ribu rupiah.

Harga per kilo kopi toraja yang sudah dipasarkan di dunia internasional mencapai 600ribu rupiah per kilogramnya. Para pecinta kopi sejati akan sangat serius menanti kedatangan kopi kesukaannya. Kopi arabika dan robusta sama-sama memiliki keistimewaan. Apalagi bila kwduanya dicampur untuk mendapatkan cita rasa yang lebih baik.

Cara Menyeduh Kopi Toraja
Kopi toraja bisa diseduh menggunakan alat-alat manual maupun elektrik. Jika Anda memilih manual, bisa menggunakan chemex, lalu kemudian menyeduhnya dengan kertas saring. Banyak pula yang menjadi kopi arabika sebagai bahan pembuat espresso kopi yang lebih spesial dengan rasa yang tak terlupakan.

Untuk mendapatkan kopi toraja, Anda bisa langsung menghubungi pihak distribusi yang menjual aneka varian kopi torabika dengan harga yang terjangkau. Datang saja ke kafe-kafe penjual kopi dan cobalah jenis kopi yang Anda inginkan.

Kopi toraja cocok dijadikan sebagai teman begadang. Untuk Anda yang memiliki riwayat maag bisa memilih varian arabika dari kopi toraja. Kandungan asam lambung yang tinggi membuat para penderita maah sebaiknya hinfdari jenis kopi arabika toraja.

Kopi toraja telah mendapatkan banyak prestasi. Pada tahun 2012, kopi ini berhasil memecahkan rekor sebagai kopi dengan harga lelang yang paling tinggi dibandingkan dengan kopi lainnya yang hadir.

Kopimat, Kopi Nikmat dari Kopi Toraja Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise