Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-Jenis Alat Pembuat Kopi dari yang Murah Sampai yang Mahal

Mengenal Jenis-Jenis Alat Pembuat Kopi dari yang Murah Sampai yang Mahal

Kopimat.com - Kecintaan orang pada kopi telah melahirkan berbagai inovasi teknologi alat pembuat kopi. Membuat kopi bukan lagi cukup dengan mesin penggiling dan filter kopi saja, namun berbagai teknologi dikombinasikan hingga menghasilkan rasa kopi yang lebih wah serta cara pembuatannya yang lebih simpel.

Salah satu alasan orang memilih nongkrong di kafe, selain karena soal gaul dan tempat yang nyaman, tentunya juga soal peralatan pembuat kopi di kafe yang lebih canggih. Hingga menghasilkan rasa kopi yang berbeda dengan segelas kopi yang Anda buat sendiri. Bila Anda penasaran, tak ada salahnya mengalokasikan anggaran untuk membeli berbagai jenis alat pembuat kopi dengan harga yang beragam. Berikut ini beberapa jenis alat yang bisa Anda jadikan referensi:
  1. Alat pembuat kopi manual yang murah
    Bila Anda menyukai kopi untuk kebutuhan pribadi, maka bisa memilih alat pembuat kopi manual. Selain harganya yang lebih terjangkau, alat-alat ini memang difungsikan untuk kebutuhan ngopi pribadi. Kapasitasnya pun biasanya hanya beberapa liter saja. Cukup untuk Anda dan beberapa orang ngopi. Alat ini prinsip kerjanya cukup sederhana. Biasanya menyeduh dan menyaring kopi menggunakan filter. Biasanya cukup simple dan bisa dibawa ke lapangan saat bepergian.

    Beberapa jenis alat pembuat kopi manual yang paling banyak dipakai orang diantaranya adalah vietnam drip, V60, aeropress, french press, ROK press dan sebagainya. Ada juga alat pembuat kopi espresso kisaran harga di bawah 1 juta rupiah. Biasanya menggunakan listrik dengan cara kerja mix yang sederhana. Diantaranya seperti Sharp HM-80 dengan harga 260 ribuan, Bialetti 6799 dengan harga 600 ribuan dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun menggunakan listrik, cara kerja alat-alat tersebut cukup sederhana.
  2. Alat pembuat kopi kelas menengah
    Untuk membuat kopi di kantor dengan staf yang banyak tentunya tak bisa lagi menggunakan alat pembuat kopi manual yang sederhana dan sedikit kapasitasnya. Anda butuh alat pembuat kopi kelas menengah yang biasanya juga dikombinasikan dengan mesin espresso untuk hasil kopi yang lebih nikmat. Mesin ini biasanya memiliki kapasitas yang lebih banyak, cara kerja yang lebih simpel dan sedikit perlu diperhatikan teknik penggunaannya agar usianya lebih awet.

    Untuk kebutuhan tersebut, Anda butuh beberapa jenis alat kopi seperti DeLonghi ECOV 310, sebuah brand alat kopi yang cukup terkenal. Alat ini memiliki kemampuan menyediakan kopi sebanyak 1,4 liter dengan daya listrik 1100 watt. Memiliki filter khusus, sistem pembuat cappucino, sistem self-primming dan sebagainya. Alat kopi ini bisa Anda beli dengan harga 3,5 juta rupiah. Alat lain yang juga bisa Anda dapatkan pada kisaran harga 3 jutaan adalah Nescafe Dolce Gusto Circolo. Sebuah alat yang bekerja menghasilkan kopi dingin dan hangat. Bukan hanya menghasilkan minuman kopi seperti espresso, namun juga bisa teh ataupun mocca. Membuat kopi dengan alat ini sangat cepat, kurang dari 1 menit saja. Dengan sistem Eco Mode yang dapat membuat alat mati secara otomatis dalam beberapa menit.

    Jenis alat kopi untuk kategori ini juga bisa digunakan untuk kafe kecil-kecilan yang Anda kelola. Dengan tetap merawat dan menjaga cara kerja alat dan memastikan single origin terbaik yang digunakan.
  3. Alat pembuat kopi kelas atas yang mahal
    Anda ingin membuat kafe kopi berkelas dengan rasa yang istimewa? Anda butuh alat pembuat kopi yang sesuai untuk itu. Alat kopi super canggih dengan harga ratusan juta diantaranya seperti LA CIMBALI M39 Dosatron TE dengan harga 129juta rupiah, LA CIMBALI M100 HD dengan harga 185 juta rupiah, LA CIMBALI M34 Selectron dengan harga 98 juta rupiah dan sebagainya. Alat-alat ini biasanya dikerjakan oleh para teknisi khusus untuk menghasilkan secangkir kopi yang istimewa dan sangat mahal.

    Ada juga alat kopi yang harganya di bawah 100 juta rupiah, juga bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis yang profesional. Selain menghasilkan secangkir kopi dengan rasa yang tiada duanya, alat tersebut biasanya juga memiliki efektivitas kerja yang lebih tinggi. Dalam beberapa menit mampu menghasilkan banyak kopi dengan rasa yang tiada duanya.

    Brand alat kopi Jura misalnya, memiliki produk dengan harga kisaran 20 jutaan, 30 jutaan, 50 jutaan dan sebagainya. Alat ini sudah cukup canggih dengan cara kerja yang biasanya bisa Anda pelajari melalui katalog khusus. Biasanya alat-alat tersebut juga dilengkapi dengan video tutorial untuk memudahkan para pengguna menggunakan alat tersebut. Harga yang fantastis tentunya harus dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis agar lebih efektif dan terjaga penggunaannya.

Para pecinta kopi umumnya memiliki alat pembuat kopi yang menjadi koleksian di rumah. Alat tersebut biasanya juga dibawa bepergian saat mereka ingin minum kopi. Ada jenis alat kopi yang bisa dipakai manual tanpa listrik, dan ada juga yang harus menggunakan listrik. Yang manual tanpa listrik biasanya harganya lebih terjangkau dan bisa Anda bawa ke gunung, hutan dan lapangan lainnya untuk berbagai aktivitas. Banyak juga orang membawa grinder manual untuk bepergian. Terutama jika mereka ingin menjajal rasa kopi di suatu daerah.

Alat pembuat kopi tujuannya selain untuk menciptakan rasa yang lebih spesial, juga agar cara membuat kopi yang dilakukan lebih simple dan praktis. Anda pun bisa memvariasikan berbagai bahan pencampur kopi seperti susu, coklat dan sebagainya untuk rasa yang lebih spesial. Selamat menemukan alat pembuat kopi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Baca Selanjutnya :
Alat Penggiling dan Pembuat Nikmat Kopi Serba Praktis

Kopimat, Kopi Nikmat, Alat Kopi.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan