Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Kopi Lampung Yang Nikmat

Kopimat.com - Kopi lampung menjadi salah satu kopi jenis robusta asal Indonesia yang sudah cukup dikenal para pecinta kopi, dari dalam dan luar negeri. Lampung merupakan kawasan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Hampir 70% pasokan kopi robusta Indonesia dihasilkan dari Lampung. Bahkan Indonesia dikenal sebagai negera pengekspor kopi robusta terbesar di dunia yang pasokannya kebanyakan dari Lampung. Kopi lampung ini banyak digemari para pecinta kopi di negara-negara seperti Amerika Serikat, Belgia, Armenia, Bulgaria, Jepang, Jerman, Malaysia, Maroko, Hongkong, Mesir, India,Inggris, Italia, Singapura, Rusia, Yunani, Portugal dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan keistimewaan ini, masyarakat Indonesia boleh berbangga karena memiliki salah satu varian kopi robusta terbaik di dunia.

Kopi lampung sudah mulai dibudidayakan sejak tahun 1900 yang lalu. Tak heran jika saat ini kopi ini sudah mampu bersaing dengan kopi-kopi robusta di dunia. Kawasan perkebunan kopi lampung terbesar berada di area Lampung Barat, yakni seluas 53.611 Ha.

Jenis-Jenis Kopi Lampung Yang Nikmat

Cita Rasa Kopi Lampung
Kopi lampung menjadi salah satu kopi terbaik yang ada di Sumatera. Memiliki tekstur yang halus dengan rasa kuat dan kompleks. Memiliki rasa pahit yang pekat dan sedikit berbau coklat. Keunggulan aroma juga dimiliki oleh kopi lampung. Dengan cita rasa yang harum akan semakin menggugah selera para pecinta kopi robusta.

Selain karena kondisi alam yang mendukung subur tumbuhnya jenis kopi robusta, terkenalnya kualitas kopi lampung hingga keluar negeri juga karena ketelatenan para petani kopi di Lampung yang cukup bagus. Sistem panen yang dilakukan memilih dan memetik biji kopi yang berkualitas, meskipun dari jenis kopi robusta. Perawatan yang baik dan inovasi pengelolaan juga membantu meningkatkan kualitas dan mutu kopi robusta lampung yang mendunia tersebut.

Jenis-Jenis Kopi Lampung
Bila Anda pecinta kopi robusta, maka wajib hukumnya mencicipi rasa kopi lampung yang terbaik. Berikut beberapa jenis kopi lampung yang bisa Anda coba rasanya, baik untuk dicampur dengan kopi yang lainnya ataupun dinikmati sendiri.
  1. Kopi Robusta Spesial Ahli Kopi Lampung, merupakan kopi yang diproduksi dari biji kopi liwa. Kopi ini ditanam dan dirawat di pegunungan Liwa. Kopi ini menggunakan roasting dengan teknologi yang tinggi sehingga memiliki kualitas dan cita rasa terbaik. Harga kopi ini di pasar berkisar antara 25ribu hingga 30 ribu rupiah/ kg.
  2. Kopi Robusta Lampung Semut, memiliki karakter yang unik dengan bentuk kecil-kecil. Jenis kopi ini akan lebih nikmat jika diseduh bersama kopi arabika. Harga di pasaran hanya sekitar di bawah 40 ribu rupiah per kilonya.
  3. Super Robusta Lampung Finest Robusta, jenis kopi lampung ini memiliki rasa yang pekat, aroma coklat hingga rempah-rempah. Tingkat keasamannya juga lebih rendah dibanding varian kopi lampung yang lainnya. Harga di pasaran mulai 20 ribuan hingga ratusan ribu rupiah.
  4. Kultur Coffee Beans Robusta Lampung, jenis kopi ini disebut juga dengan kopi lanang atau kopi jantan. Varian kopi ini konon dapat meningkatkan vitalitas kaum pria, sehingga namannya pun menjadi kopi jantan. Bentuknya tunggal dan bulat, harga di pasaran dari mulai 40ribuan hingga ratusan ribu rupiah.
  5. Kopi Robusta Lampung Grade ELB-350, jenis kopi ini sudah dikenal sejak 48 tahun yang lalu. Aromanya terbilang segar dan dijual dalam bentuk serbuk dan biji. Harganya cukup terjangkau, yakni di bawah 50 ribu rupiah.
  6. Kopi merah ahli kopi lampung, memiliki aroma yang lembut, harum dan cita rasa yang lebih ringan. Diproses secara higienis hingga membuat kopi ini masuk dalam kopi speciality grade 1. Harga di pasaran bisa Anda dapatkan seharga di bawah 50 ribu rupiah.
  7. Kopi Bubuk Asli Lampung Kompas Dunia, jenis kopi ini dikenal sebagai kopi lampung yang tertua saat ini. Kopi ini sudah mulai ada sejak tahun 1950. Rasa dan aromanya cukup unik dan dijaga secara turun temurun. Meskipun kopi ini bisa dengan mudah ditemukan dimana saja, namun kemasan kopi inilah yang akan tetap menjaga aroma dan cita rasa kopi lebih harum dan nikmat.
  8. Kopi Premium Soultan Coffee, merupakan jenis kopi lampung kelas premium yang dipanen, diolah secara hati-hati sekali untuk menjaga kualitasnya. Tingkat kematangannya medium, dark roast serta kehalusan bubuk kopinya yang terjaga hingga kopi ini memiliki rasa dan aroma yang kuat. Harga di pasaran seharga 30 ribuan untuk jumlah tertentu.
  9. Kopi jempol Lampung Robusta, merupakan jenis kopi robusta lampung yang paling banyak dikenal orang. Kopi ini memiliki rasa yang lebih keras. Dibuat dari biji-biji kopi dengan kualitas terbaik. Harga di toko online biasanya mencapai 20ribu rupiah per 300 gram.
  10. Kopi Bubuk Robusta Lampung Brazica, kopi ini diolah dari biji kopi pilihan dan tenaga petani yang telah berpengalaman. Jenis kopi ini dikenal memiliki rasa caramel dan nutty yang lebih sempurna. Kopi ini sudah bisa dinikmati secara lezat tanpa harus menggunakan campuran kopi lain semisal arabika. Harga kopi ini di pasaran mencapai 40 ribu rupiah untuk beberapa gramnya.

Menikmati rasa kental dan pahit merupakan sensasi tak terlupakan saat menyeruput kopi robusta Lampung. Para pecinta kopi yang menyukai sensasi pahit tersebut akan menyukai jenis kopi robusta. Namun kekuatan kopi arabika pun terasa belum sempurna sebelum dipadukan dengan kopi robusta. Robusta merupakan penyempurna arabika.

Kopimat, Kopi Nikmat dari berbagai Jenis-Jenis Kopi Lampung.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan