Langsung ke konten utama

Wow, Ini Benda-Benda Unik Yang Dibuat Dari Ampas Kopi

Wow, Ini Benda-Benda Unik Bermanfaat Yang Dibuat Dari Sisa Ampas Kopi

Wow, Ini Benda-Benda Unik Bermanfaat Yang Dibuat Dari Sisa Ampas Kopi
Kopi ternyata tak hanya nikmat untuk dinikmati, tetapi sebuah biji kopi ternyata juga bisa dikreasikan menjadi alat-alat dan benda-benda unik lainnya. Begitulah para pecinta kopi memperlakukan kopi. Tak hanya istimewa di lidah, namun juga memiliki nilai seni dan manfaat yang lainnya. Lihatlah sebutir biji kopi yang berwarna coklat kehitaman. Pikirkan apa yang Anda bisa buat dari biji-biji itu. Atau mungkin lihat lah sisa ampas kopi yang sudah begitu banyak menumpuk di tong sampah. Orang-orang kreatif akan segera menemukan ide terbaik untuk membuat sebuah benda atau barang kreatif yang memiliki nilai seni atau memiliki nilai pakai.

Salah satu cara memanfaatkan sisa ampas kopi menjadi benda-benda unik adalah melukis. Ya... bahan-bahan ampas kopi menjadi tinta untuk melukis dengan tingkat kecairan yang berbeda sehingga kepekatan warnanya pun akan berbeda pula. Hal ini menjadi sebuah karya seni kopi jika mengetahui cara membuat lukisan dari ampas kopi. Gambar-gambar lukisan indah dihasilkan ampas kopi. Selain itu ampas kopi juga dijadikan pupuk tanaman.

Apa saja yang bisa dipikirkan orang dari tanaman kopi, beberapa diantaranya sebagai berikut:
  1. Kursi dari ampas kopi
    Selama ini Anda duduk di atas kursi dengan busa atau kain yang dibuat sedemikian rupa sehingga lebih empuk dan nyaman. Orang kreatif bisa membuat alas duduk atau sandaran kursi dari ampas kopi yang sudah mengering. Dibutuhkan bahan tambahan untuk membuat ampas itu merekat dan kering sehingga tahan lebih lama. Cara kreatif ini cukup lumayan untuk menghindari limbah ampas kopi yang mungkin Anda buang setiap hari. Bayangkan jika di kantor ada puluha orang yang minum kopi, dalam sehari bisa dibayangkan berapa ampas yang akan dihasilkan, dalam seminggu, sebulan dan seterusnya. Maka memang dibutuhkan ide kreatif untuk mendaur ulang ampas kopi tersebut.
  2. Kopi untuk alat kosmetik
    Ambillah sebuah wadah bening yang terbuat dari kaca atau plastic dengan bentuk tabung atau gelas. Isilah ke dalamnya biji kopi berwarna coklat hingga setengah wadah. Setelah itu, letakkan alat-alat kosmetik Anda seperti kuas wajah, kuas alis mata, celak pensil dan sebagainya yang berbentuk panjang. Tancapkan pada biji-biji kopi tadi lalu letakkan wadah itu di depan kaca tempat Anda berdandan di dalam kamar. Ada kesan estetis yang didapat. Fotolah dan unggah di jejaring sosial, siap-siap mendapatkan like yang banyak dari foto kreatif Anda itu.
  3. Gelang unik
    Biji kopi juga bisa dirangkai sedemikian rupa menjadi gelang yang memiliki nilai seni yang khas. Usahakan mencari biji kopi dengan warna yang senada, lalu rangkai lah dengan rantai kecil dari stainless seperti gantungan kunci yang biasa ada di pasaran. Foto lah apa yang Anda buat itu sebagai bentuk kreasi yang Anda buat. Para pecinta kopi pasti akan tersenyum dan mulai berpikir kreatif pada biji kopi yang kurang mereka sukai.
  4. Peta dari kopi
    Di kantor Anda mungkin selama ini peta yang terpajang terbuat dari kertas atau bahan spanduk yang instan. Tapi untuk mereka para pecinta kopi, peta juga bisa dibuat dari biji kopi berwarna coklat. Bentuk-bentuk pulau bisa dibuat dari biji-biji kopi yang kecoklatan. Hasilnya peta Anda sungguh unik dengan bahan dasarnya biji-biji kopi. Susunlah peta biji kopi di media seperti kertas atau kain. Lalu lekatkan dengan menggunakan lem. Setelah semuanya siap, tempelkan kain atau kertas itu di dinding, bisa Anda bayangkan uniknya kantor Anda dengan peta dari biji kopi.
  5. Hiasan lilin
    Ambil lah satu wadah bening, bisa berbentuk gelas, segi empat dan sejenis. Lalu isilah dengan bijin kopi hingga ukuran separuh wadahnya. Ambil lilin yang sudah diletakkan pada wajah kecil dan masukkan ke dalam wadah berisi kopi tadi. Buat lah hingga 5 wadah berisi lilin-lilin dalam gelas kopi, selanjutnya letakkan di tengah meja-meja kafe kopi Anda. Akan sangat memiliki nilai artistic dan orang akan semakin nyaman duduk di sana. Bisa juga dijadikan hiasan di rumah Anda seorang pecinta kopi sejati.

Masih banyak lagi benda-benda unik yang bisa dibuat dari biji kopi. Misalnya tirai pintu, tirai jendela dan sebagainya. Kalau Anda kreatif tentu menemukan ide untuk mengolah bahan ini. Berbagai benda yang terbuat dari kopi ini bisa dijadikan sebagai furniture di kafe kopi atau di rumah sang pecinta kopi sejati.

Silahkan lihat kerajinan tangan dari sisa ampas kopi di Recycled COffee Grounds
https://inhabitat.com/6-amazing-products-made-almost-entirely-from-recycled-coffee-grounds/

[ Kopimat | Kopi Nikmat ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan