Langsung ke konten utama

Tips Meracik House Kopi Blend Yang Nikmat di Kedai Kopi

Tips Meracik House Kopi Blend Yang Nikmat di Kedai Kopi

Tips Meracik House Kopi Blend Yang Nikmat
House blend bisa dikatakan sebagai menu yang menjadi ciri khas sebuah kedai kopi. Dengan adanya menu yang khas ini, akan membuat kedai kopi lebih dikenal dan memiliki pelanggan yang tetap. Single origin bisa berasal dari mana saja, alat kopi yang dipakai pun bisa apa saja namun house blend yang dihasilkan harus lah berbeda. House blend menghasilkan sesuatu yang tidak biasa, namun tetap dengan suasana lokal yang dihadirkan. Ini istilah plesetan dalam dunia kopi, yang mengacu dari istilah house wine. Kopi yang dibuat hendak lah spesifik, hanya bisa ditemukan di kedai kopi X saja, sebagai ciri khas dari kedai kopi bersangkutan.

Untuk bisa menghasilkan house blend yang berkesan di lidah banyak orang, penting untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Tujuan akhir rasa dan bentuk yang ingin dicapai
    Apa yang akan ditonjolkan dari karakter house blend yang dibentuk? Apa saja yang akan menjadi keistimewaannya, dan sebagainya. Semua itu harus ditentukan lebih dulu. Dengan demikian, kita bisa mengatur porsi ukuran keasaman, sweetness dan body dari biji kopi yang dihadirkan. Sesuaikan juga dengan segmentasi pelanggan yang akan dibidik oleh kafe yang Anda buka. Jenis apa yang paling banyak disukai, apakah kalangan pecinta kopi sejati atau mereka yang masih coba-coba minum kopi.
  2. Perhatikan sediaan beans yang ada
    Biji kopi apa saja yang tersedia di inventori kedai, lalu mulai lakukan uji cita rasa (cupping) dengan memperhatikan karakter dari masing-masing biji kopi. Perhatikan keunikan masing-masing dari biji kopi, bagaimana mereka bisa melengkapi campuran blend yang akan dibuat. Bukan hanya soal rasa yang harus diperhatikan, tapi juga hal-hal detail dari biji kopi tersebut seperti misalnya mouthfeel, aroma dan juga kompleksitas flavor-nya. Ini jelas akan berpengaruh pada blend yang dihasilkan.

    Jangan letih untuk mencoba, setiap campuran akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Semakin berpengalaman Anda mencampur, maka Anda akan semakin tau kunci rahasia menciptakan kopi yang enak. Jika merasa cupping sudah mentok, bisa dengan mencari single origin lain yang memiliki kualitas baru sehingga bisa memberikan inovasi rasa yang baru pula. Lakukan selalu uji coba ini, sebab Anda bisa menciptakan house blend-house blend unik sepanjang waktu guna memberikan pengalaman yang selalu baru bagi pengunjung kafe.
  3. Campuran tidak lebih dari 4 jenis kopi
    Jika ingin menghasilkan house blend yang enak dan berkarakter, maka cobalah mengikuti saran roaster dunia yang meminta Anda untuk tidak mencampur lebih dari 4 jenis kopi. Terlalu banyak jenis kopi justru akan membuat rasa menjadi semakin tak enak, karakternya tidak tercapai.
  4. Peralatan kopi yang digunakan
    Mesin dan alat kopi yang digunakan juga mempengaruhi kualitas house blend yang akan dibuat. Anda harus banyak bertanya lebih dulu kepada yang sudah berpengalaman, jenis alat apa, mesin apa yang paling baik digunakan untuk jenis kopi yang akan diolah. Meskipun terlihat sederhana tetapi ini berpengaruh. Kalau Anda memakai jenis alat kopi rumahan misalnya, hasilnya akan berbeda dengan alat kopi yang dipakai untuk kualitas kedai kopi. Sehingga rasa pun sudah jelas akan beda. Untuk kebutuhan kedai kopi, alat yang dipakai sebaiknya memang yang standar ukuran kedai, karena akan mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan tentunya.

Menciptakan house blend bagi sebuah kedai kopi bisa dikatakan sebagai persaingan mutlak yang harus dilakukan untuk menemukan pengunjung tetap. Kedai kopi yang tak memiliki house blend khusus lama kelamaan akan ditinggalkan pelanggan. Tapi jika Anda bisa memperbaharui house blend terbaik yang disajikan, maka bisa jadi pengunjung baru akan datang. Pecinta kopi layaknya seorang peneliti yang tak berhenti meracik, menyeduh dan mencoba sesuatu yang baru. Anda akan tahu dengan sendirinya bagaimana memadukan karakter biji kopi, apa alat yang digunakan dan cara seduh bagaimana yang sesuai. Kalau tak punya jiwa ini dalam membuka kedai kopi, akan sulit bersaing dengan para pecinta kopi sejati yang telah merambah bisnis.

[ Kopimat | Kopi Nikmat | Kedai Kopi | Coffee Blend ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan