Langsung ke konten utama

Ini Batas Maksimal Sehari Kamu Boleh Minum Kopi

Bahaya Minum Kopi Ini Batas Maksimal Sehari Kamu Boleh Minum Kopi

Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Segera Batasi
Musim penghujan tiba, para penggila kopi bisa menghabiskan bergelas-gelas minuman kopi dari pagi hingga malam hari. Mungkin salah satunya kamu sebagai pecinta kopi sejati. Meskipun rasanya nikmat dan membuat kamu terasa selalu ‘on’, perlu diingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan efeknya akan tidak baik bagi kesehatan. Termasuk minum kopi. Kafein sebagai komponen utama dari kopi akan memberikan dampak buruk pada tubuh jika diminum secara berlebihan setiap harinya. Beberapa dampak buruk yang bisa dialami jika kamu minum kopi berlebihan setiap harinya adalah:
  1. Resiko serangan ginjal, terlebih lagi jika kamu malas minum air putih. Pagi minum kopi, siang kopi, sore sampai malam kopi, lalu jarang meminum air putih, maka bersiaplah ginjal akan bermasalah.
  2. Resiko diabetes jika menyeduh kopi dengan gula, oleh karena itu mulai lah belajar menyeduh kopi tanpa gula. Memang awalnya terasa sulit, tapi dengan menghindari gula, bukan hanya akan membuat lebih sehat tapi juga bisa menguji kenikmatan rasa kopi yang sesungguhnya. Konon gula dianggap sebagai penyamar rasa kopi yang kurang nikmat.
  3. Kecanduan akut yang akan membuat kamu selalu ketergantungan dengan kopi. Mereka yang merasa kecanduan dalam level tinggi merasa lemas, jenuh, sedikit emosi, kurang fokus dan sebagainya saat sehari tak bertemu kopi. Itu tandanya kita mulai kecanduan. Bagaimana jika kita berhenti minum kopi karena resiko penyakit yang sudah divonis dokter dalam diri kita, inilah yang akan semakin mempersuli keadaan, sementara kita sudah dalam keaadan candu.
  4. Apabila dikombinasikan dengan merokok, maka kafein akan semakin memberikan resiko yang tinggi terhadap serangan jantung yang dipicu oleh rokok.
  5. Keasaman kopi memicu naiknya asam lambung, bagi penderita maag disarankan untuk memperhatikan jenis kopi yang dikonsumsi.
  6. Boros secara ekonomi, apalagi kamu mengkonsumsi kopi jenis mahal, bayangkan berapa bisa kamu habiskan dalam sehari.

Jadi, untuk bisa terhindar dari berbagai resiko penyakit di atas, salah satunya adalah dengan mengetahui berapa sebenarnya ambang batas kita mengkonsumsi kafein dalam kopi setiap harinya. Berapa gelas tubuh kita bisa secara maksimal menyerap kopi tersebut.

Ternyata Cuma 4 Gelas Saja Dalam Sehari
Para ilmuan sepakat, kemampuan tubuh untuk menyerap kafein dalam sehari hanya sebanyak 400 miligram perhari. Ini setara dengan empat cangkir black coffee. Dan ambang batas ini berlaku untuk orang dewasa dalam kondisi kesehatan yang normal. Artinya jika seseorang memiliki gangguan kesehatan lainnya, nilainya bisa lebih sedikit lagi. Berat badan, kondisi tubuh dan sebagainya ikut mempengaruhi berapa kemampuan tubuh seseorang dalam menyerap kafein dalam sehari. Pada ibu hamil berbeda lagi. Ambang batas ini tidak berlaku. Karena ibu hamil maksimal dalam sehari hanya boleh mengkonsumsi 200 miligram kafein. Namun sebaiknya dihindari untuk kesehatan sang bayi. Jika si ibu kebetulan pecandu kopi, setidaknya hanya boleh sedikit saja mencicipi kopi dalam sehari. Dengan dibarengi konsumsi buah, air putih dan sayuran yang lebih dibutuhkan oleh janin.

Tetapi ada pendapat yang menghibur untuk kalangan pecinta kopi, Christopher Gardner seorang Ahli Nutrisi dari Stanford University mengatakan “Dibutuhkan sekitar 75 cangkir kopi dalam sehari yang akan bisa membuat seseorang benar-benar keracunan kafein. Tetapi tentunya orang normal tak akan minum sebanyak itu bukan? Ujarnya di laman thekitchn.com

Namun tentunya kondisi di atas tetap relative. Jangan dengarkan apa kata orang tentang itu, tapi dengarlah bagaimana tubuh kita merespon. Beberapa cangkir kopi mungkin bagi orang lain biasa, tapi bagaimana dengan tubuh kita? Jika secangkir kopi sudah membuat saking pinggang, itu artinya daya tahan tubuh kita telah menurun. Maka dengarkan itu dan tinggalkan lah apa kata orang.
Untuk bisa menjaga agar resiko meminum kopi tidak buruk untuk tubuh, yang harus diperhatikan tentu saja soal nutrisi lain yang disandingkan. Misalnya air putih, buah dan sayur serta makanan bergizi lainnya yang akan membuat nutrisi tubuh lebih seimbang. Jangan sampai makan tergantikan oleh kopi dan itu berlangsung terus menerus.

[ Kopimat | Kopi Nikmat Bahaya Kopi ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan