Langsung ke konten utama

5 Ciri Anda Pecinta Kopi Sejati

5 Ciri Anda Pecinta Kopi Sejati

5 Ciri Anda Pecinta Kopi Sejati
Apakah Anda sang pecinta kopi sejati? Pecinta kopi sejati bukan mereka yang selalu rela membeli kopi mahal, atau mereka yang dalam sehari mampu menghabiskan bergela-gelas kopi. Pecinta kopi sejati itu orang yang bijak, pintar dan sang pembelajar. Mereka akan lahir sebagai pribadi-pribadi keren yang siap berpetualang. Kopi menjadi dunia yang mengajarkan kita untuk maksimal dalam mengerjakan sesuatu, menghargai perbedaan dan mendorong kita untuk selalu belajar mencoba alias tak mudah putus asa. Mencoba dan mencoba sampai akhirnya menemukan rasa terbaik yang istimewa. Apakah kriteria pecinta kopi sejati itu telah ada pada diri Anda? Untuk memastikan itu, perhatikan kriteria berikut ini:
  1. Konsisten dan tidak terbawa arus
    Mereka sang pecinta kopi sejati ialah mereka yang punya prinsip sendiri, konsisten dengan apa yang diyakini. Kadang-kadang saat orang bilang kopi X nikmat, seorang yang belum menjadi pecinta kopi sejati akan mencobanya dan berubah selera. Lalu datang lagi kopi yang lainnya, ia mencoba lagi, begitu seterusnya. Ia tak punya kriteria sendiri dalam menentukan kualitas kopi yang ia sukai. Ini akan berimbas pada kepribadiannya yang lain. Kalau Anda sang pecinta kopi sejati, mestinya telah memiliki kriteria kopi yang disukai. Jikalau pun ingin berubah selera, tidak jauh-jauh dari selera pokok Anda.
  2. Selalu belajar
    Seorang pecinta kopi sejati, jika diberi secangkir kopi maka ia tak cukup menikmati saja. Ia akan bertanya banyak hal tentang kopi itu sampai ia tahu apa yang menjadi resep nikmatnya kopi itu. Ia akan terus belajar tentang pengetahuan kopinya, hingga akhirnya ia mampu menemukan rasa terbaik yang ia sukai. Lalu ia pun terus belajar hingga hal-hal yang mungkin orang lain tak mengetahuinya. Apakah Anda sudah demikian? Atau cukup menjadi penikmat kopi saja selama ini? mulai lah ubah kebiasaan buruk tidak mau belajar dengan apa yang Anda minum.
  3. Suka menyeduh sendiri
    Jangan bilang Anda pecinta kopi sejati kalau menyeduh kopi sendiri Anda malas. Malas memperhatikan alat-alat kopi atau bahkan tak bisa memakainya. Anda hanya senang menerima pelayanan dari barista, ini bukan lah ciri pecinta kopi yang sejati. Pecinta kopi yang sejati suka melakukan uji coba. Mereka tak kan berhenti pada kegagalan. Ketika dirasa kopi yang diseduh tak nikmat, mereka akan mencoba lagi, mereka akan berteman dengan alat-alat penyeduh kopi. Banyak orang malas menyeduh kopi sendiri, termasuk juga Anda mungkin. Mereka lebih memilih nongkrong di kafe atau kedai kopi untuk menikmati kopi kesukaan. Padahal mungkin jika Anda mau berkreasi sendiri menyeduh kopi, Anda akan menemukan sebuah rasa yang lebih nikmat dari yang Anda nikmati sekarang. Mulai sekarang cobalah menyeduh kopi sendiri, buat orang suka dengan seduhan Anda. Itulah salah satu ciri pecinta kopi sejati.
  4. Lebih bijak dan bisa menerima perbedaan
    Pecinta kopi sejati lebih dewasa dalam menerima berbagai perbedaan. Apakah perbedaan budaya minum kopi, perbedaan rasa dan sebagainya. Mereka bisa lebih menerima sesuatu yang berbeda dan tidak menghakimi baik buruknya, sebab mereka sangat menghargai selera. Selera akan menjadi lebih nikmat dengan adanya perbedaan. Demikian pula cara minum kopi. Dunia memiliki beragam cara minum kopi dan budayanya. Mereka yang sudah memiliki banyak pengetahuan tentang itu, tentulah bisa lebih menerima perbedaan. Dan itulah ciri seorang pecinta kopi sejati.
  5. Memahami industry kopi
    Industri kopi memerlukan proses yang panjang hingga akhirnya secangkir kopi bisa kita nikmati. Mereka pecinta kopi sejati tak jarang yang bersahabat dengan para petani kopi, para pengolah kopi, pemilik kafe kopi dan sebagainya. Hal itu dilakukan karena ingin belajar, mencari tahu dan menggali informasi. Jika Anda sudah berada pada level ini, tak diragukan lagi, Anda lah sang pecinta kopi sejati itu.
Kopi merupakan hal yang harus selalu dipelajari. Jika Anda tertarik dengan secangkir kopi yang ada di hadapan, maka gali lah lagi apa yang Anda lihat itu. Seperti itulah sang pecinta kopi sejati.

[ Kopimat | Kopi Nikmat | Pencinta Kopi | Kopi Sejati ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan