Langsung ke konten utama

Begini Cara Membuat Kopi Susu yang Enak Ala Kafe

Begini Cara Membuat Kopi Susu Coffe Milk yang Enak Ala Kafe

Begini Cara Membuat Kopi Susu (Coffee Milk) yang Enak Ala Kafe
Menikmati kopi banyak caranya, bukan hanya soal suasana dan jenis kopi yang dipilih, tapi juga komposisi tambahan dalam minuman kopi yang kamu minum akan mempengaruhi rasanya. Salah satu bahan tambahan dalam menikmati kopi yang paling banyak digunakan orang adalah susu. Menikmati kopi menjadi semakin spesial jika dicampur dengan susu. Terutama buat kamu para pemula yang belum begitu suka dengan rasa kopi yang pahit alami. Susu menjadi pilihan campurannya dan cara membuat kopi susu yang enak ala kafe pun bisa kamu pelajari sendiri di rumah.

Namun perlu juga diperhatikan kalau kamu memiliki penyakit semisal diabetes, tentu saja penambahan susu pada secangkir kopi tidak dianjurkan.

Penambahan susu pada kopi akan membuat rasa semakin spesial. Di kafe-kafe ternama pun kamu bisa mendapatkan secangkir kopi susu yang enak dan spesial. Di rumah, yang biasa kamu lakukan untuk membuat secangkir kopi susu biasanya cukup hanya menambahkan susu kental manis ke dalam secangkir kopi. Ternyata ada cara lain yang dilakukan agar rasa secangkir kopi susu yang dihasilkan lebih spesial, mirip dengan yang kamu nikmati di kafe.

Perlu diperhatikan, jenis susu yang baik untuk digunakan sebagai campuran seduhan kopi nikmat adalah susu yang rendah lemak sekaligus masih segar. Jika kamu sudah merasa nikmat dengan susu instan, maka rasa yang lebih spesial akan kamu rasakan lagi jika menggunakan susu yang masih segar. Dan jenis susu yang digunakan pun bisa beragam, mulai dari susu sapi, susu kambing, susu kedelai, susu domba dan sejenisnya.

Kopi Susu itu bukan hitam dan bukan pula putih

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyeduh Kopi Susu
Sama seperti membuat secangkir kopi hitam yang nikmat dan enak, cara membuat kopi susu yang enak ala kafe juga penting memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Kopi yang dibuat masih segar dan akan lebih baik jika baru selesai disangrai dengan aroma yang lebih kuat. Giling dengan ukuran yang halus agar lebih terasa aroma dan kekuatan rasanya.
  2. Sebuah kafe ternama di Jakarta menggunakan campuran jenis kopi robusta dan arabica untuk minuman kopi susu yang enak, dengan roasting medium dark. Mungkin kamu bisa mencobanya untuk pengolahan kopi yang akan digunakan.
  3. Susu yang dipilih adalah jenis susu yang masih segar, ini akan mempengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan.
  4. Memanaskan susu tidak boleh melewati titik didih susu, artinya panaskan sebelum mendidih. Susu yang mendidih akan rusak kandungan proteinnya dan rasanya pun menjadi berubah.
  5. Jenis susu yang paling banyak digunakan orang untuk pembuatan minuman kopi nikmat susu susu sapi. Namun jika kamu ingin mencoba pola hidup sehat, pilih lah jenis susu yang memiliki rendah lemak. Jenis susu yang direkomendasikan untuk hal tersebut adalah susu kedelai. Susu nabati ini memiliki rasa yang enak dan sekaligus lebih ramah untuk kesehatan. Termasuk juga penggunaan gula dan kremer. Kalau kamu ingin sehat tapi tidak tahan dengan rasa pahit yang ada di kopi, pilihannya bisa dengan menambahkan gula jagung yang aman bagi kesehatan.

Bahan-bahan yang Digunakan untuk Membuat Secangkir Kopi Susu
Sebelum melakukan langkah-langkah cara membuat kopi susu yang enak ala kafe, siapkan lebih dulu beberapa bahan-bahan berikut ini:
  • 1 sdm bubuk kopi segar
  • 3 sdt gula
  • 4 sdt susu segar
  • 1 sdm creamer
  • 1 sdt bubuk coklat plain
  • Air hangat secukupnya
Cara Membuatnya:
  1. Siapkan satu cangkir kopi lalu masukkan bubuk kopi, gula dan juga bubuk coklat plain.
  2. Tambahkan air panas sebanyak 160 ml ke dalam cangkir. Selanjutnya tambahkan susu segar. Sebaiknya susu dituang bersamaan dengan air panas.
  3. Aduk perlahan-lahan sampai semua komponen tercampur hingga rata.
  4. Untuk rasa kopi yang lebih nikmat dan nendang, kamu bisa menambahkan krimer di atasnya, aduk lagi hingga rata sampai rasanya benar-benar nikmat sempurna. Segelas kopi nikmat dengan campuran bahan-bahan pemanis yang membuat rasanya lebih disukai banyak orang.

Cara membuat kopi susu yang enak ala kafe di atas cukup mudah dan bisa kamu buat tanpa menggunakan alat-alat kopi. Cara ini juga bisa kamu pilih saat berada di lapangan dan tidak ada peralatan yang banyak untuk membuat kopi. Enak dan tidaknya tentu saja soal selera, yang pasti rasa manis akan membuat orang lebih suka dengan kopi. Secangkir kopi susu di malam hari akan membuat pikiran kamu lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Meskipun cara membuat kopi susu yang enak ini mudah kamu buat setiap waktu, tapi perlu juga memperhatikan kondisi kesehatan, karena lemak yang masuk ke dalam tubuh cukup banyak. Untuk kalangan muda tentu cara menikmati kopi semacam ini menjadi hal yang menarik dan banyak menjadi pilihan saat berada di kafe. Namun buat kamu yang sudah memasuki usia kepala tiga atau kepala empat yang umumnya mulai muncul keluhan kesehatan, mulai lah untuk menikmati kopi secara asli dan murni, tanpa tambahan komponen pemanis. Menikmati kopi yang sebenarnya adalah tanpa tambahan komponen apapun. Lebih sehat dan lebih mendapatkan rasa yang sebenarnya.

Cara membuat kopi susu nikmat yang enak ala kafe banyak menjadi pilihan kaum muda, sebab kopi telah menjadi simbol pergaulan kekinian, nggak gaul kalau nggak ngopi. Kamu setuju?

Foto Coffee Milk : Free-Photos

[ Kopimat | Kopi Nikmat ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan