Langsung ke konten utama

Begini Cara Menyeduh dan Mengaduk Kopi yang Benar

Begini Cara Menyeduh dan Mengaduk Kopi yang Benar

Kopimat.com - Buat kamu pecinta kopi sejati, memperlakukan kopi supaya rasanya spesial dan lebih mantap sudah dimulai dari cara menyeduh hingga mengaduknya. Cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar akan berpengaruh pada rasa yang dihasilkan. Buat kamu yang masih awwam dengan kopi mungkin baru mengetahui hal ini, sebab selama ini membuat kopi hanya sekedar meyeduh dan mengaduk saja bukan?

Pemilihan biji kopi yang terbaik sesuai selera merupakan langkah awal Anda dalam menyediakan secangkir kopi nikmat dan spesial. Lalu setelahnya tergantung lagi bagaimana cara Anda membuat dan menyajikannya. Supaya kopi semakin spesial, menyeduh dan mengaduknya pun tidak sembarangan. Buat yang sudah berpengalaman dengan rasa kopi, akan tahu kesalahan apa yang telah terjadi pada secangkir kopi yang dirasakannya, kesalahan pada penyeduhan dan pengadukan.

Cara Menyeduh Kopi yang Benar
Bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar? Apakah selama ini seduhan yang Anda lakukan sudah mengikuti teori pembuatan kopi yang dilakukan oleh para pakar dan pecinta kopi? Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan:
  1. Beli lah kopi dalam bentuk biji kopi, lalu haluskan menggunakan grinder pada saat akan diseduh. Alat ini memiliki ukuran yang konsisten sehingga akan berpengaruh pada rasa. Untuk ukuran yang sangat halus akan menghasilkan rasa yang lebih pahit, hasil gilingan yang lebih kasar akan mengurangi rasa pahit pada saat diseduh.
  2. Gunakan air mineral yang sudah steril dari berbagai unsur di dalamnya untuk menyeduh kopi Anda. Adanya unsur lain dalam air akan mengganggu rasa yang dihasilkan dalam secangkir kopi. Jangan gunakan air sumur yang biasanya memiliki rasa tertentu, jelas akan mengganggu rasa kopi yang dihasilkan.
  3. Suhu air ideal untuk menyeduh kopi adalah 90 hingga 96 derajat celcius, sebelum tercapainya suhu didih air. Pada kondisi ini, kafein tidak begitu larut pada panas sehingga rasa kopi yang dihasilkan bisa lebih ideal dan pas. Matikan segera air sebelum benar-benar mendidih. Ini salah satu tips cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar.
  4. Menikmati kopi terbaik adalah ketika tepat tercapai waktu kontak kopi dan air. Berapa waktu kontak tersebut? idealnya adalah 2 hingga 4 menit setelah diseduh. Jadi inilah waktu paling tepat menikmati secangkir kopi yang Anda seduh. Tidak lebih cepat atau tidak lebih lambat dari waktu itu. Itu sebabnya mengapa orang mengatakan menikmati kopi akan lebih nikmat pada saat hangat, lebih tepatnya pada saat waktu kontak tercapai.
  5. Perbandingan kopi dan air yang digunakan bisa menggunakan perbandingan 1gram kopi untuk 15ml air, berlaku kelipatannya. Sediakan gelas ukur untuk mendapatkan akurasi jumlah air yang tepat, termasuk juga timbangan analitis untuk mendapatkan angka tersebut. Terutama jika kopi akan dinikmati orang lain seperti kedai kopi, menyajikan rasa yang konstan sangat penting agar orang percaya dengan kualitas kopi buatan Anda.
  6. Bila Anda ingin kopi seduhan Anda terasa hangat lebih lama, gunakan cangkir berbahan keramik. Bahan ini lebih mampu menahan panas yang lebih lama sehingga kopi lebih bisa dinikmati lebih lama kehangatannya.
  7. Jangan memanaskan kopi lebih dari 15 menit dan jangan memanaskan ulang kopi yang Anda seduh sebelumnya. Akan terasa lebih nikmat jika Anda menyeduh kopi yang baru lagi. Buat sesuai dengan kemampuan Anda mengkonsumsinya dalam waktu tersebut. Bila ingin menikmati kopi lagi, buat dan seduh lagi yang baru.
  8. Seduh kopi hingga berbusa, ini akan semakin mengeksplorasi rasa dari kopi yang Anda buat. Cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar ini telah dipraktekkan oleh kalangan pecinta dan pakar kopi.

Cara Mengaduk Kopi yang Benar
Bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar? Khususnya mengaduk, ternyata ada cara khusus agar butiran permukaan kopi bisa kontak sempurna dengan air yang dituang ke dalam cangkir. Tips cara mengaduk kopi yang benar adalah dengan membentu huruf M atau W. Caranya masukkan sendok ke dalam cangkir yang sudah berisi air dan kopi, lalu gerakkan sendok membentuk huruf M atau W. Setelah itu angkat sendok ke atas dan teteskan air yang tersisi di sendok, lalu ulang lagi adukan membentuk huruf M dan W lagi, lakukan hingga kopi tercampur dengan sempurna, yakni pada waktu kontak ideal 2 hingga 4 menit setelah seduhan.

Di zaman yang telah canggih saat ini, berbagai alat untuk membuat kopi sudah disajikan. Mulai dari penggiling, penyeduh, pemanas dan sebagainya. Mungkin untuk Anda yang mencoba alat-alat canggih untuk menyeduh kopi bisa menemukan alat mana yang seduhan dan adukannya bisa sesuai dengan selera Anda. Namun tak selamanya orang mampu memiliki peralatan kopi yang cukup mahal harganya, mereka sesekali juga akan mencoba cara penyajian kopi manual seperti kopi tubruk misalnya. Cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar pada saat ini akan dibutuhkan aplikasi teorinya. Dan sebagai pecinta kopi, tentunya ilmu-ilmu yang terkait penyajian kopi harus diketahui agar Anda bisa mendapatkan rasa kopi terbaik, sekaligus memberikan informasi ini pada orang lain yang belum tahu.

Segelas kopi nikmat bisa dibuat dimana saja jika Anda tau bagaimana cara membuatnya. Tak harus berjalan dan nongkrong di kafe, cukup dari dalam rumah saja, bila Anda telah tau bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar, ini akan membantu Anda menikmati kopi yang Anda inginkan.


[ Kopimat | Kopi Nikmat ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan