Langsung ke konten utama

Tips Memilih Buah dan Biji Kopi yang Bagus untuk Dinikmati

Tips Memilih Buah dan Biji Kopi yang Bagus untuk Dinikmati

Kopimat.com - Sebagai pecinta kopi, semestinya kamu mengatahui bagaimana ciri-ciri buah dan biji kopi yang bagus sehingga diharapkan memiliki rasa dan aroma seperti yang Anda inginkan. Memang soal rasa itu relatif, namun untuk jenis biji kopi yang benar-benar bagus kualitasnya, soal rasa biasanya orang tak akan banyak kontra. Kalau kamu belum mendapatkan rasa kopi yang betul-betul enak di lidahmu, barangkali juga karena kamu belum mengetahui bagaimana sih caranya mengetahui apakah biji kopi tersebut berkualitas atau tidak.

Ciri-Ciri Buah dan Biji Kopi yang Bagus
Sebelum memilih jenis biji kopi untuk dibeli dan memastikan rasanya bakal sesuai dengan yang Anda inginkan, ketahui lebih dulu hal-hal berikut ini:
  1. Memastikan kesegaran biji kopi yang dibeli
    Ini hal penting yang akan menjamin kualitas rasa kopi yang dihasilkan. Biji yang segar, yang baru disangrai atau belum disimpan lebih dari 2 bulan akan menghasilkan kesegaran rasa yang khas dan tak terlupakan. Penyimpanan biji yang bagus pun bukan di kulkas, tapi pada suhu kamar yang normal. Dengan cara ini kualitas biji kopi nikmat akan tetap bagus.
  2. Cara pemetikan
    Kopi yang berkualitas tinggi akan dipetik dengan sistem petik merah. Yakni buah kopi akan dipetik pada kondisi benar-benar matang. Kopi yang mentah berwarna hijau, setengah matang berwarna kuning dan yang benar-benar matang akan berwarna merah. Pada kondisi matang inilah rasa kopi yang dihasilkan akan benar-benar enak dan manis. Akan berbeda rasanya jika dipetik dengan sistem petik asal. Sistem petik asal biasanya sekalian petik tanpa memperhatikan lagi kondisi kematangan kopi. Jenis kopi yang menggunakan sistem petik merah adalah arabika, dan yang menggunakan sistem petik asal adalah kopi robusta. Dengan demikian, untuk pemilihan buah dan biji kopi yang bagus secara pengolahan bisa Anda coba untuk jenis arabica, namun tetap dengan memperhatikan hal-hal lain yang ada pada kopi tersebut.
  3. Aroma
    Menikmati kopi adalah menikmati aroma yang tak terlupakan. Aroma kopi bisa mengundang kerinduan selera pada jenis kopi tertentu. Aroma pula menandakan kesegaran biji kopi yang akan Anda nikmati. Jenis kopi yang dipanen dan diolah dengan cara yang baik juga akan menghasilkan aroma yang kuat dan disukai banyak orang. Jenis kopi unggulan dari Ethiopia misalnya, menawarkan aroma buah dan bunga yang begitu segar dan membuat biji kopi ini dikenal oleh dunia.
  4. Kematangan buah saat dipetik
    Kualitas buah dan biji kopi yang bagus dan rasanya enak juga terlihat seberapa tingkat kematangan buah saat dipetik. Idealnya kopi dipetik ketika warnanya merah, kondisinya manis pada bagian daging buah dan aromanya begitu terasa. Namun adakalanya juga para petani harus memanen buah kopi dalam kondisi tidak ideal, yakni warna yang masih hijau atau kuning pertanda masih muda. Kadar gula masih rendah dan biasanya juga aromanya tidak kuat.

    Ada juga kondisi panen yang terlambat menyebabkan kondisi kopi sudah berubah warna menjadi hitam dan kecoklatan. Pada kondisi ini sebagian buah kopi sudah busuk dan rasanya pahit. Tentu ini tidak lagi menghasilkan rasa dan aroma kopi yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Kualitas kopi dimulai dari proses pemetikan dan pengolahan sehingga inilah informasi penting yang perlu diketahui sebelum Anda menentukan suatu buah dan biji kopi yang bagus untuk dikonsumsi.
  5. Sesuai dengan kondisi kesehatan Anda
    Meskipun Anda pecinta kopi sejati, kondisi kesehatan tetap harus diperhatikan. Mulai dari kondisi asam lambung, ginjal, kadar insulin tubuh dan sebagainya tetap harus Anda perhatikan. Jangan sampai karena kopi Anda harus dirawat di rumah sakit. Anda bisa tetap minum secangkir kopi nikmat dengan memperhatikan hal-hal yang harus dijaga saat minum kopi. Bagi Anda yang memiliki masalah maag misalnya, biji kopi yang terbaik tentunya yang memiliki tingkat keasaman lebih rendah, ini dipengaruhi dari jenis kopi yang dipilih dan cara pengolahannya. Sementara untuk Anda yang memiliki masalah kadar gula, biji kopi yang nikmat diseduh tentunya yang memiliki kekuatan rasa dan aroma, sebab tentunya secangkir kopi Anda tak akan memakai gula. Demikian lah hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Buah dan biji kopi yang bagus tetap harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan yang mengkonsumsinya.

Jadi apakah buah dan biji kopi yang bagus selalunya adalah yang mahal? Bisa jadi iya bisa jadi tidak. Bagi orang normal misalnya, yang belum memiliki gangguan masalah kesehatan yang disebabkan oleh kopi, tentu jenis kopi apa saja bisa dikonsumsi. Dan yang bagus biasanya akan dihargai dengan mahal. Namun kalau Anda memiliki jenis penyakit tertentu, biji dan buah kopi yang bagus tentunya adalah yang sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk bisa menemukan buah dan biji kopi yang bagus tentunya Anda harus banyak berjalan dan mencoba. Jika berkunjung ke suatu tempat, jangan lupa mencari tempat yang terkenal dengan secangkir kopi nikmat nya. Biasanya di suatu daerah akan memiliki jenis varian unggulan yang disukai masyarakat tempatan. Apalagi jika Anda berkunjung ke daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia seperti Aceh, Lampung, Sidikalang, Bali, Toraja dan sebagainya. Inilah kesempatan Anda berpetualang menemukan rasa-rasa yang paling cocok dan terbaik di lidah. Bila ada kesempatan jangan lupa berkeliling dunia menuju ke negara-negara penghasil kopi kelas dunia.


[ Kopimat | Kopi Nikmat | Kopi Liberika ]

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan