Resep Membuat Kopi Hitam Nikmat dan Sempurna

Resep Membuat Kopi Hitam Nikmat dan Sempurna

Agar cita rasa kopi yang kita buat lebih sempurna, ada beberapa resep membuat kopi hitam nikmat yang harus diketahui. Walau demikian, setiap minum kopi hitam, semua orang selalu menginginkan secangkir kopi dengan cita rasa nikmat dan sempurna.

Bukan rahasia lagi apabila banyak diantara kita yang memanfaatkan kopi sebagai energy booster di pagi hari. Ya, tidak salah lagi! Kopi bisa membuat badan kita terasa lebih segar dan lebih bersemangat. Karena kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita serta bisa memberikan banyak efek positif bagi kesehatan

Jika ingin merasakan kepuasan sempurna dari cita-rasa kopi hitam yang disajikan, setidaknya harus mengetahui bagaimana cara membuat kopi atau menyeduh kopi agar hasilnya seperti yang diinginkan yaitu enak diseruput dan sempurna ketika mengalir di tenggorokan.

Berikut adalah resep membuat kopi hitam yang nikmat.

Belilah biji kopi utuh yang masih bagus
Ini adalah resep pertama yang harus diperhatikan baik-baik jika ingin mendapatkan cita rasa kopi yang sesungguhnya. Kopi terbaik dan cita rasa sempurna yang akan didapatkan, bisa kita peroleh hanya jika kita menyeduh kopi hasil gilingan yang dipanen dan disimpan dengan cara yang baik pula.

Membeli kopi yang sudah jadi atau yang sudah digiling dan disimpan dalam waktu yang sangat lama seringkali tidak mampu menghadirkan kesegaran mutlak dari biji kopi. Jadi, apabila sering membeli kopi bubuk atau kopi kopi yang sudah dikemas, cita rasa kopi tersebut sering kali sudah berkurang atau hilang sama sekali karena pengaruh oksigen dan cahaya yang tentu saja menjadi salah satu musuh dari rasa kopi

Sangat jarang kita menemukan orang-orang yang peduli dengan citarasa kopi yang mereka simpan. Untuk menyimpan kopi agar cita rasanya tidak berkurang atau setidaknya bisa lebih awet, kita harus melapisi tempat menyimpan kopi dengan menggunakan minyak kopi. Selain itu kopi juga harus disimpan di tempat yang memiliki segel serta tidak sering terkena cahaya. Karena cahaya bisa menyebabkan rasa kopi memudar.

Cara menyimpan biji kopi yang baik dan benar adalah dengan menempatkannya di wadah kedap udara. Kita bisa memanfaatkan toples, botol kaca atau tempat dari keramik yang bisa disegel. Sebisa mungkin dihindarkan menyimpan biji kopi di tempat-tempat yang berpori atau lembab, dan sebisa mungkin jauhkan dari makanan yang berbau.

Memilih jenis kopi yang terbaik
Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat, kita juga harus memilih jenis kopi tertentu. Karena tidak semua kopi memiliki cita rasa yang enak. Ada beberapa negara penghasil kopi terbaik. Begitu juga di Indonesia, ada beberapa daerah di mana kopinya adalah yang paling bagus. Contoh, kopi arabika yang murni 100% tentu saja akan memiliki cita rasa yang luar biasa. Namun, jika kamu ingin mencari alternatif kopi yang lebih murah, mungkin kamu bisa melirik biji kopi robusta namun dengan rasa yang lebih keras dan kandungan kafein yang lebih tinggi.

Hal lain lagi dengan citarasa kopi liberica yang berasal dari Riau. Jenis Kopi Liberica Riau ini bisa tumbuh di daerah gambut yang mana jenis kopi lain sulit tumbuh di daerah tersebut. Aroma dan rasanya berbeda. Mirip dengan kopi robusta yang full body dengan pahit yang dominan tetapi ada rasa manis setelahnya. Kopi Liberica atau Liberoid ini berasal dari Liberia.

Giling sendiri
Biji kopi yang kita miliki, agar tidak kehilangan rasa, sebaiknya kita giling tidak terlalu lama sebelum diseduh. Saat ini, sudah ada banyak mesin penggiling kopi yang bisa kita manfaatkan. Jadi tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Semakin halus kamu menggiling kopi, maka rasanya akan semakin pahit. Begitu juga sebaliknya.

Tips Membuat kopi hitam yang nikmat
Setelah menyediakan bubuk kopi yang diinginkan, selanjutnya kita akan mencoba membuat kopi hitam yang nikmat dengan resep berikut ini.
  1. Sediakan kopi hitam yang sudah digiling. Dan gelas atau mug yang bersih dan bebas bau yang kira-kira bisa mempertahankan suhu atau panas lebih lama.
  2. Kemudian pilihlah air mineral untuk direbus. Sebisa mungkin hindarilah air sulingan atau air keran, karena sering kali dapat menyebabkan cita rasa kopi rusak.
  3. Semakin banyak kandungan mineral di dalam air tersebut, maka akan semakin baik.
  4. Kemudian rebuslah air tersebut hingga mencapai 90 atau 96 derajat celcius. Ini adalah suhu paling ideal untuk menyeduh kopi. Suhu yang mendekati 96 derajat celcius adalah suhu paling sempurna. Sebaliknya, apabila kurang dari 91 derajat celcius, biasanya air mendidih tersebut tidak akan mampu mengekstrak kopi dengan baik.
  5. Selanjutnya masukkan kopi ke dalam gelas dengan perbandingan, 1 gram kopi diseduh dengan 15 ml air. Perhitungan tersebut berlaku untuk kelipatannya. Atau 1:20. 7,5 gram kopi 150 ml air. Namun beberapa orang juga biasanya menggunakan perbandingan 1:14 atau 1:30. Pilihlah sesuai selera.
  6. Kemudian seduh kopi tersebut selama kurang lebih 2 hingga 4 menit. Ini adalah lama waktu paling ideal sebelum kopi dinikmati. Menyeruputnya terlalu cepat, atau terlalu lama akan menyebabkan cita rasa kopi berubah. Pastikan kamu menerapkan resep membuat kopi hitam nikmat tersebut jika ingin merasakan cita rasa kopi sesungguhnya.

kopi yang bagus, mug yang bersih dan air mineral menghasilkan kopi hitam yang nikmat dan sempurna