Langsung ke konten utama

Resep Membuat Kopi Hitam Nikmat dan Sempurna

Resep Membuat Kopi Hitam Nikmat dan Sempurna

Agar cita rasa kopi yang kita buat lebih sempurna, ada beberapa resep membuat kopi hitam nikmat yang harus diketahui. Walau demikian, setiap minum kopi hitam, semua orang selalu menginginkan secangkir kopi dengan cita rasa nikmat dan sempurna.

Bukan rahasia lagi apabila banyak diantara kita yang memanfaatkan kopi sebagai energy booster di pagi hari. Ya, tidak salah lagi! Kopi bisa membuat badan kita terasa lebih segar dan lebih bersemangat. Karena kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita serta bisa memberikan banyak efek positif bagi kesehatan

Jika ingin merasakan kepuasan sempurna dari cita-rasa kopi hitam yang disajikan, setidaknya harus mengetahui bagaimana cara membuat kopi atau menyeduh kopi agar hasilnya seperti yang diinginkan yaitu enak diseruput dan sempurna ketika mengalir di tenggorokan.

Berikut adalah resep membuat kopi hitam yang nikmat.

Belilah biji kopi utuh yang masih bagus
Ini adalah resep pertama yang harus diperhatikan baik-baik jika ingin mendapatkan cita rasa kopi yang sesungguhnya. Kopi terbaik dan cita rasa sempurna yang akan didapatkan, bisa kita peroleh hanya jika kita menyeduh kopi hasil gilingan yang dipanen dan disimpan dengan cara yang baik pula.

Membeli kopi yang sudah jadi atau yang sudah digiling dan disimpan dalam waktu yang sangat lama seringkali tidak mampu menghadirkan kesegaran mutlak dari biji kopi. Jadi, apabila sering membeli kopi bubuk atau kopi kopi yang sudah dikemas, cita rasa kopi tersebut sering kali sudah berkurang atau hilang sama sekali karena pengaruh oksigen dan cahaya yang tentu saja menjadi salah satu musuh dari rasa kopi

Sangat jarang kita menemukan orang-orang yang peduli dengan citarasa kopi yang mereka simpan. Untuk menyimpan kopi agar cita rasanya tidak berkurang atau setidaknya bisa lebih awet, kita harus melapisi tempat menyimpan kopi dengan menggunakan minyak kopi. Selain itu kopi juga harus disimpan di tempat yang memiliki segel serta tidak sering terkena cahaya. Karena cahaya bisa menyebabkan rasa kopi memudar.

Cara menyimpan biji kopi yang baik dan benar adalah dengan menempatkannya di wadah kedap udara. Kita bisa memanfaatkan toples, botol kaca atau tempat dari keramik yang bisa disegel. Sebisa mungkin dihindarkan menyimpan biji kopi di tempat-tempat yang berpori atau lembab, dan sebisa mungkin jauhkan dari makanan yang berbau.

Memilih jenis kopi yang terbaik
Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat, kita juga harus memilih jenis kopi tertentu. Karena tidak semua kopi memiliki cita rasa yang enak. Ada beberapa negara penghasil kopi terbaik. Begitu juga di Indonesia, ada beberapa daerah di mana kopinya adalah yang paling bagus. Contoh, kopi arabika yang murni 100% tentu saja akan memiliki cita rasa yang luar biasa. Namun, jika kamu ingin mencari alternatif kopi yang lebih murah, mungkin kamu bisa melirik biji kopi robusta namun dengan rasa yang lebih keras dan kandungan kafein yang lebih tinggi.

Hal lain lagi dengan citarasa kopi liberica yang berasal dari Riau. Jenis Kopi Liberica Riau ini bisa tumbuh di daerah gambut yang mana jenis kopi lain sulit tumbuh di daerah tersebut. Aroma dan rasanya berbeda. Mirip dengan kopi robusta yang full body dengan pahit yang dominan tetapi ada rasa manis setelahnya. Kopi Liberica atau Liberoid ini berasal dari Liberia.

Giling sendiri
Biji kopi yang kita miliki, agar tidak kehilangan rasa, sebaiknya kita giling tidak terlalu lama sebelum diseduh. Saat ini, sudah ada banyak mesin penggiling kopi yang bisa kita manfaatkan. Jadi tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Semakin halus kamu menggiling kopi, maka rasanya akan semakin pahit. Begitu juga sebaliknya.

Tips Membuat kopi hitam yang nikmat
Setelah menyediakan bubuk kopi yang diinginkan, selanjutnya kita akan mencoba membuat kopi hitam yang nikmat dengan resep berikut ini.
  1. Sediakan kopi hitam yang sudah digiling. Dan gelas atau mug yang bersih dan bebas bau yang kira-kira bisa mempertahankan suhu atau panas lebih lama.
  2. Kemudian pilihlah air mineral untuk direbus. Sebisa mungkin hindarilah air sulingan atau air keran, karena sering kali dapat menyebabkan cita rasa kopi rusak.
  3. Semakin banyak kandungan mineral di dalam air tersebut, maka akan semakin baik.
  4. Kemudian rebuslah air tersebut hingga mencapai 90 atau 96 derajat celcius. Ini adalah suhu paling ideal untuk menyeduh kopi. Suhu yang mendekati 96 derajat celcius adalah suhu paling sempurna. Sebaliknya, apabila kurang dari 91 derajat celcius, biasanya air mendidih tersebut tidak akan mampu mengekstrak kopi dengan baik.
  5. Selanjutnya masukkan kopi ke dalam gelas dengan perbandingan, 1 gram kopi diseduh dengan 15 ml air. Perhitungan tersebut berlaku untuk kelipatannya. Atau 1:20. 7,5 gram kopi 150 ml air. Namun beberapa orang juga biasanya menggunakan perbandingan 1:14 atau 1:30. Pilihlah sesuai selera.
  6. Kemudian seduh kopi tersebut selama kurang lebih 2 hingga 4 menit. Ini adalah lama waktu paling ideal sebelum kopi dinikmati. Menyeruputnya terlalu cepat, atau terlalu lama akan menyebabkan cita rasa kopi berubah. Pastikan kamu menerapkan resep membuat kopi hitam nikmat tersebut jika ingin merasakan cita rasa kopi sesungguhnya.

kopi yang bagus, mug yang bersih dan air mineral menghasilkan kopi hitam yang nikmat dan sempurna

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise