Langsung ke konten utama

Mau Tahu, Manfaat dari Secangkir Kopi Hitam?

Mau Tahu, Manfaat dari Secangkir Kopi Hitam?

Secangkir kopi hitam dan makanan ringan seperti ubi jalar di pagi hari bisa menjadi alternatif tepat untuk mengganjal perut. Namun selain itu, kopi hitam yang kita konsumsi juga bisa membuat metabolisme tubuh meningkat, sehingga semangat kita pun akan otomatis terpompa.
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa secangkir kopi hitam yang kita konsumsi di pagi hari yang pekat dan pahit dapat memberikan pengaruh manfaat yang cukup besar kepada tubuh kita baik dari sisi kesehatan maupun manfaat yang lain bisa menghindarkan kita dari ngantuk dan bisa membantu kita terjaga lebih lama.

Mau Tahu, Manfaat dari Secangkir Kopi Hitam?


Jika banyak orang selama ini masih ragu dengan manfaat yang diberikan oleh kopi, dan cenderung lebih banyak mengetahui kerugian yang didapatkan dari minum kopi, mungkin beberapa point manfaat dari secangkir kopi hitam berikut ini bisa merubah pendirianmu untuk mulai menikmati setidaknya satu cangkir setiap hari.
  1. Membantu mencegah batu ginjal.
    Salah satu manfaat minum kopi hitam yang pahit adalah untuk mencegah batu ginjal. Setidaknya itu adalah hasil penelitian di Harvard University yang mengatakan bahwa minum empat cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan resiko batu ginjal sebanyak 25%.

  2. Membantu menurunkan berat badan.
    Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membantu membakar lemak ditubuh kita. Dan tentu saja hal tersebut akan membuat berat badan kita menurun. Namun tidak hanya itu, kopi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga, pembakaran lemak yang terjadi jauh lebih efektif saat kita beraktivitas.

    Jadi jika anda adalah seorang olahragawan, atau jika anda ingin berolahraga dan ingin menurunkan berat badan dengan cepat, ada baiknya anda minum kopi terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga.

  3. Membantu melawan berbagai jenis kanker.
    Penelitian lain yang dipublikasikan pada bulan Februari tahun 2006, yang dilakukan oleh Harvard Medical School, ditemukan bahwa, kopi dapat mengurangi resiko kanker hati. Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa minum satu cangkir kopi bisa menurunkan resiko kanker hati. Namun ternyata tidak hanya kanker hati saja yang dapat dicegah dengan minum kopi, melainkan, penyakit kanker lain seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker rectal bisa diminimalisir.

  4. Mengurangi resiko penyakit degeneratif.
    Mungkin istilah degeneratif masih asing di telingamu. Ini adalah istilah untuk menggambarkan bahwa kita akan mengalami penurunan kemampuan pada saat berusia tua. Misalnya ketika kita berusia 50 tahun ke atas. Pada saat itu, kemampuan tubuh kita jauh menurun, tulang-tulang mulai keropos dan bahkan otak kita mulai kehilangan satu persatu memorinya. Penyakit degeneratif seperti parkinson, alzheimer, atau pikun, bisa dicegah dengan rajin minum kopi. Tentunya selain dengan rutin berolahraga dan makan makanan sehat terutama dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

  5. Antioksidan di kopi hitam bisa membantu mencegah diabetes tipe 2.
    Masih menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi kopi hitam dapat membantu mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Mereka yang minum satu cangkir kopi sehari akan mendapatkan manfaat penurunan resiko 7% dari pengembangan penyakit diabetes tipe 2 di tubuhnya. Cara kerja kopi menurunkan resiko diabetes adalah dengan meningkatkan kadar plasma yang ada pada protein hormon sex pengikat globulin, atau yang dikenal juga dengan istilah SHBG. SHBG tersebut berfungsi untuk mengontrol aktivitas biologis hormon seks manusia seperti hormon estrogen dan hormon testosteron. Kedua hormon tersebut diketahui berkontribusi terhadap penyakit diabetes tipe 2. Jadi dengan adanya kontrol yang dilakukan oleh SHBG, maka kemungkinan kita terkena diabetes akan lebih kecil.

  6. Mengurangi resiko gagal jantung.
    Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health ditemukan bahwa, minum kopi dapat melindungi kita dari gagal jantung. Mereka menyarankan kita untuk mengkonsumsi setidaknya dua cangkir atau setara dengan 8 ons kopi per hari. Dijelaskan bahwa, mereka yang minum hingga 4 cangkir per hari akan memiliki resiko gagal jantung lebih rendah 11% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.
Kopi Bermanfaat Untuk Kesehatan
Disamping manfaatnya tersebut, kita juga tetap harus mempertimbangkan resikonya apabila minum kopi berlebihan. Sebenarnya selain manfaat diatas, manfaat minum secangkir kopi hitam sangat banyak sekali, diantaranya adalah: mencegah kematian dini, mencegah sirosis hati, mencegah multiple sclerosis, melindungi kita dari kanker kolorektal, dan lain-lain.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan