Langsung ke konten utama

Menyusur Kopi

Menyusur Kopi
Menyusur Kopi


Kopi yang ditanam di seluruh dunia dapat dilacak sebagai warisan dari abad ke abad di hutan kopi di dataran tinggi Ethiopia. Ada legenda yang mengatakan bahwa gembala kambing yang bernama Kaldi sebagai orang yang pertama kali menemukan potensi dari biji ini.

Cerita berlanjut bahwa Kaldi menemukan kopi setelah ia melihat bahwa setelah memakan buah/biji dari pohon tersebut, kambing miliknya menjadi begitu energik sehingga mereka tidak ingin tidur di malam hari.

Kaldi melaporkan temuannya kepada kepala biara biara lokal, lalu membuat minuman dari buah/biji tersebut dan menemukan bahwa minuman itu membuatnya terjaga berjam-jam di malam hari. Pembantunya memberitahu kepada penemuan tersebut kepada para biarawan lain di biara tersebut, dan pengetahuan tentang buah energi tersebut mulai menyebar.

Kemudian cerita tentang minuman tersebut kemudian berkembang dan bergerak ke arah timur dan itulah.... minuman kopi mencapai Semenanjung Arab, cerita kopi ini memulai perjalanan yang akan membawa biji kopi tersebut ke seluruh dunia.

"Coffee - the favorite drink of the civilized world."
- Thomas Jefferson

Menyusur Kopi

Semenanjung Arab

Budidaya kopi dan perdagangannya bermula di Semenanjung Arab. Pada abad ke-15, kopi yang ditanam di kawasan Yaman Saudi dan pada abad ke-16 itu makin dikenal di Persia, Mesir, Suriah, dan Turki.

Kopi tidak hanya dinikmati di rumah, tetapi juga di banyak kedai kopi umum - yang disebut qahveh khaneh - yang mulai muncul di kota-kota di seluruh Timur Dekat. Popularitas kedai kopi atau rumah kopi adalah tiada bandingnya dan orang-orang yang sering mengunjunginya berasal dari semua jenis strata sosial.

Tidak hanya pelanggan minum kopi yang terlibat dalam percakapan, tetapi mereka juga mendengarkan musik, menonton pemain musik, bermain catur dan juga mengikuti berita beredar. Rumah kopi cepat menjadi pusat penting bagi pertukaran informasi dan sering disebut sebagai "Rumah Kopi sebagai Sekolah Bijaksana" atau (“Schools of the Wise”).

Dengan ribuan pengunjung kota suci Mekkah setiap tahun dari seluruh dunia, cerita dan pengetahuan minuman kopi yang disebut juga sebagai "anggur Arab" (“wine of Araby”) mulai dan makin menyebar.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan