Langsung ke konten utama

Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Di era modern sekarang ini, minum kopi bukan sesuatu yang aneh lagi. Bahkan tidak sedikit dari penikmat dan pencinta kopi rela melakukan hal-hal yang terkadang tidak masuk akal bagi orang biasa terutama dalam meracik dan menerapkan resep membuat kopi yang nikmat.

Kopi mengandung sejumlah kafein yang dapat menyebabkan seseorang kecanduan. Sehingga, tidak sedikit diantara penikmat kopi yang merasa pusing apabila belum menyeruput kopi. Entah itu di pagi hari atau sebelum bekerja.

Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Kesehatan


Namun disamping efeknya yang dapat menyebabkan kecanduan tersebut, kopi menyimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Dalam berbagai studi yang dilakukan oleh para ahli, ditemukan bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit-penyakit serius.

Nah, kalau kamu penasaran apa sih sebenarnya manfaat kopi yang sesungguhnya untuk kesehatan kita, terutama kopi hitam. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Minum kopi bisa membantu membakar lemak
    Tubuh kita membutuhkan sejumlah lemak. Akan tetapi, terlalu banyak lemak justru merugikan. Terlalu banyak lemak dapat menyebabkan obesitas yang ujung-ujungnya akan menyebabkan kita beresiko lebih besar terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lain-lain.

    Kalau ingin membakar lemak dengan cara yang mudah, kamu bisa mencoba minum secangkir kopi setiap hari. Kopi bisa membantu menurunkan lemak karena memiliki zat alami berupa kafein yang telah terbukti dapat membantu membakar lemak. Dalam beberapa studi dikatakan bahwa, kopi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita antara 3%hingga 11%. Pada orang yang gemuk, pembakaran lemak oleh kafein akan sedikit berkurang, hanya sekitar 10%. Akan tetapi, pada orang-orang yang kurus biasanya jauh lebih besar, mencapai 29%. Akan tetapi perlu diketahui, jika secara terus menerus dalam jangka panjang kita minum kopi, manfaat tersebut akan berangsur-angsur berkurang. Sehingga, ada baiknya kamu tidak terlalu sering minum kopi jika ingin tetap mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.

  2. Kopi mengandung sejumlah nutrisi penting
    Mungkin kita tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa kopi mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Kalau kamu masih belum yakin, berikut adalah beberapa bukti bahwa secangkir kopi mengandung sejumlah nutrisi, diantaranya: Mangan, kalium, magnesium, niacin, asam pantotenat (vitamin B5), dan vitamin B2 (riboflavin).

  3. Menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2
    Saat ini, penyakit diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sudah sangat menghawatirkan. Setidaknya hampir 300.000.000 orang di seluruh dunia terindikasi memiliki penyakit diabetes tipe 2. Sebuah jumlah yang fantastis ya?

    Karena beberapa alasan tertentu, peminum kopi ternyata beresiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Mereka rata-rata memiliki resiko lebih rendah 23% hingga 50%. Dalam beberapa studi di tunjukkan bahwa resikonya lebih rendah dari 67%. Setiap satu cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari menurunkan resiko 7% bagi peminumnya terkena diabetes tipe 2.

  4. Menghindarkan kita dari kepikunan atau alzheimer
    Saat kita berusia lanjut, kemampuan tubuh dan otak kita jauh menurun. Namun agar terhindar dari penyakit-penyakit orang tua seperti demensia, alzheimer atau kepikunan, kita dianjurkan untuk minum kopi. Merasa aneh? Tidak!

    Menurut penelitian, manusia yang sudah berusia 65 tahun sangat rentan terkena penyakit alzheimer. Untuk melawannya, di samping rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, kita dianjurkan untuk minum kopi karena ternyata, kopi secara efektif bisa membantu mencegah atau menurunkan resiko terkena alzheimer sebesar 65%.

  5. Dapat melindungi hati
    Hati merupakan organ penting di dalam tubuh kita yang memiliki ratusan fungsi. Apabila tidak dijaga, hati kita bisa rusak atau sakit. Sakitnya organ hari juga bisa dipengaruhi oleh penyakit tertentu. Misalnya saja, hepatitis bisa mempengaruhi kesehatan hati. Dan selain hepatitis tentu saja ada banyak penyakit lainnya yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan organ hati. Beberapa penyakit tersebut ternyata dapat menyebabkan sirosis pada hati. Sirosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahwa organ hati di dalam tubuh kita sebagian besarnya akan tergantikan oleh jaringan parut.

kopi menyimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan
Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh lainnya adalah :
  1. meningkatkan fokus pikiran
  2. meningkatkan kemampuan ingatan
  3. meningkatkan tekanan pembuluh darah
  4. menurunkan penyakit jantung
  5. meningkatkan kemampuan fisik
  6. meningkatkan penyembuhan otot
  7. menurunkan resiko penyakit hati

Kopi, yang kita minum setiap hari bisa melindungi hati agar terhindar dari kondisi seperti sirosis. Setidaknya minum kopi satu cangkir per hari bisa menurunkan resiko sirosis pada hati sebanyak 20%.

Sebenarnya manfaat minum kopi hitam pahit untuk kesehatan tubuh tidak hanya itu. Masih banyak manfaat yang lainnya yang bisa kita dapatkan seperti: dapat membantu melawan depresi, bisa membantu melawan berbagai jenis kanker, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, dll.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan