Cara menyeduh kopi hitam agar rasanya nikmat

Cara menyeduh kopi hitam agar rasanya nikmat

Cara menyeduh kopi hitam agar rasanya nikmat

Siapa di sini yang suka dengan kopi hitam? Siapapun pecinta kopi sejati pasti menikmati rasa kopi yang satu ini. Kopi hitam merupakan hasil ekstraksi langsung dari perebusan biji kopi. Kopi hitam yang melalui proses penyaringan berfungsi membuang kandungan cafestol.

Dalam artikel National Geographic sebuah menemukan bahwa pemilu biasanya lebihpeminum kopi hitam lebih lugu dan biasanya menjaga hal-hal sederhana. Sikap yang lebih tenang dan menjaga suasana hati juga ditemukan pada peminum kopi hitam.

Si Hitam pahit dan pekat ini memang cukup banyak disukai oleh kaum pria. Tapi tahukah kamu bagaimana dengan teknik penyeduhan yang satu ini?

Sebelumnya, untuk mendapatkan kopi yang nikmat dimulai dari biji kopi atau bubuk kopi itu sendiri yang dibeli dari penjual yang menjual biji atau bubuk kopi yang tahu asal usulnya. Bahwa biji kopi berasal dari pohon perkebunan yang baik dan jika membeli dalam keadaan bubuk diketahui bahwa bubuk itu benar-benar murni. Sebaiknya, untuk mendapatkan kopi yang nikmat, belilah biji kopi bukan bubuk kopi dan lakukan proses pembuatan kopi yang benar.

Biji kopi bisa dibeli dari penjual di kota, tapi jika ingin lebih bagus lagi, cobalah jalan-jalan mencari biji kopi yang baik di daerah perkebunan. Belajar memilih biji kopi yang baik dari pekebun kopi ada manfaat lain yaitu bisa jalan-jalan ke daerah perkebunan yang berudara segar sekaligus dapat bercerita kepada orang lain tentang perjalanan dan ilmu yang didapat dari pekebun kopi.

Ada 3 Cara menyeduh kopi hitam agar rasanya nikmat secara manual. Seperti manual brewing, cold drip, dan cold brew. Apakah kamu tahu seperti apa metode ini. Yuk kita cari tahu.

Mesin beda, cara menyeduh kopi hitam beda, maka hasil juga akan beda. Espresso bisa dihasilkan dalam 1 menit. Beda dengan manual brew, cold drip atau cold brew yang membutuhkan waktu lebih panjang. Manual brew bisa membutuhkan waktu 2 sampai 4 menit. Nah kalau cold drip dan cold brew bisa lebih panjang 8 sampai 12 jam untuk proses pembuatannya.

Manual brew adalah cara menyeduh kopi hitam agar rasanya nikmat secara manual tanpa bantuan mesin. Cold drip itu meneteskan air ke kopi sampai tembus ke bagian bawahnya. Cold brew adalah proses pembuatan kopi dengan merendam kopi dengan air bersuhu ruangan atau air es.

Manual brewing menggunakan beberapa alat. Grinder untuk menghancurkan kopi menjadi pasir kasar. Ceret yang ujungnya kecil untuk memasak air dan menyeduh kopi dengan cara menuangkan air ke bubuk kopi berputar secara merata dan konsisten. Meletakkan bubuk kopi ke alat penyaring dari kertas dan menuangkan air panas bersuhu 90 sampai 95 derajat celcius.

Namun satu permasalahannya karena ini merupakan seduh kopi secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan untuk cold brew itu sendiri dapat memakan waktu 8 hingga 12 jam.


Untuk urusan rasa, Cara menyeduh kopi hitam dengan cara ini agar rasanya nikmat jangan ditanya ... benar-benar kopi nikmat, mengalir tanpa jeda ke tenggorokan.

https://www.youtube.com/watch?v=DOOuQYmngY8
https://www.youtube.com/watch?v=biqNLOWownQ