Langsung ke konten utama

9 Rahasia Racikan Kopi Nikmat yang Bikin Ketagihan

9 Rahasia Racikan Kopi Nikmat yang Bikin Ketagihan

9 Rahasia Racikan Kopi Nikmat yang Bikin Ketagihan
Kopi yang enak tak lepas dari cara meraciknya. Kalau kamu tak punya pengalaman menyeduh kopi, hasilnya akan biasa saja. Akibatnya kamu akan lebih suka ngopi di kafe dan tentunya anggarannya tak sedikit lho. Padahal kalau kamu tau sedikit saja ilmu meracik kopi, kamu pun bisa menyeduh kopi nikmat mu sendiri di rumah dengan rasa ala kafe yang bikin ketagihan. Takaran kopi yang pas adalah rahasia racikan kopi nikmat yang sudah dimulai dari cara Anda memilih kopi yang akan dibuat. Bukan soal mahalnya sih, tapi bagaimana jenis dan kualitas kesegaran kopi yang Anda beli.

Supaya lebih jelas, berikut ini akan dibagikan beberapa rahasia cara meracik kopi yang nikmat ala-ala kafe ya dalam takaran kopi yang pas, yuk simak aja.
  1. Jangan membeli kopi bubuk, apalagi kopi instan di kedai-kedai. Kopi yang nikmat adalah biji kopi yang masih segar, yang baru disangrai dari tempatnya. Aromanya masih begitu kuat, dan inilah biji kopi terbaik yang bisa Anda proses untuk secangkir minuman kopi nikmat ala kafe. Biji kopi yang disimpan tidak boleh lebih dari 2 bulan, semakin lama disimpan rasanya akan semakin berkurang saat diseduh.
  2. Buat dengan takaran yang tepat. Intinya kamu harus menimbang biji kopi lebih dulu, baru mengukur jumlah air yang dibutuhkan. Perbandingan 1:18 yang ditetapkan pakar kopi dunia perlu Anda coba. Untuk 7 ons kopi dibutuhkan 250 ml air. Timbang kopi dengan timbangan analitis supaya akurasinya tepat. Bila ingin melakukan modifikasi pun tetap berangkat dari aturan ukuran ini untuk membantu citarasa yang nikmat.
  3. Rahasia racikan kopi yang nikmat selanjutnya adalah giling sendiri kopi Anda. Ya, saat membelinya dalam bentuk biji kopi yang segar, maka Anda juga harus punya grinder di rumah. Memang harga alat penggiling ini lumayan menguras kocek kamu, tapi kamu bisa pilih yang paling ekonomis dan kerjanya sesuai dengan selera mu. Giling sendiri biji kopi yang Anda pilih untuk hasil yang lebih spesial.
  4. Kualitas air yang dipakai juga penting diperhatikan ya. Jangan pakai air sumur atau air kran yang rasanya nano-nano. Rasa dan aroma kopi kamu jelas akan berubah. Pakai air mineral yang tidak ada rasanya, ini akan lebih membuat aroma kopi kamu keluar dengan sempurna. Nikmatnya tentu saja akan lebih terasa.
  5. Jangan menyeduh kopi dengan air yang sudah kamu diamkan dalam termos. Ini akan mengurangi kenikmatan kopi. Yang harus kamu lakukan adalah mendidihkan air, namun seduh lah kopi dengan air yang suhunya kira-kira mencapai 90 derajat. Jadi sebelum mencapai 100 derajat. Mengapa demikian? Ini untuk membantu mengurangi rasa pahit kalau kamu menyeduh kopi hitam murni tanpa gula. Kafein tidak larut sempurna sehingga rasa pahitnya bisa sedikit berkurang.
  6. Rahasia racikan kopi yang nikmat selanjutnya adalah pada penyajian. Kopi nikmat adalah kopi yang dinikmati pada saat hangat. Bukan panas atau dingin, tapi hangat. Bagaimana caranya agar kehangatan kopi bisa terjaga lebih lama. Apakah dengan menyimpannya dalam termos? Untuk penyajian kamu bisa memilih jenis cangkir yang terbuat dari keramik. Bahan ini bisa menyimpan panas lebih lama dibandingkan bahan yang lainnya. Rasanya pun akan terasa lebih khas dan nikmat.
  7. Kalau kamu ingin menambahkan susu untuk kopi susu yang nikmat, sebaiknya hindari penggunaan creamer, tapi pilih lah jenis susu UHT yang masih segar. Rasanya akan berbeda dan kesegerannya akan membuat cita rasa kopi buatan mu lebih spesial.
  8. 8. Coba menyeduh kopi dengan alat-alat kopi yang terjangkau tapi rasanya tetap spesial. Meskipun banyak alat kopi yang mahal, namun tak sedikit juga alat-alat penyeduh kopi sederhana yang juga tetap memberikan rasa yang spesial. Kalau kamu ingin mendapatkan petualangan rasa yang berbeda, cobalah memilikinya.

    Ada beberapa jenis alat kopi sederhana yang bisa kamu coba, dan harganya pun cukup ramah untuk dimiliki. Pertama misalnya alat kopi french press. Desain alat kopi ini cukup sederhana menyerupai teko biasa. Harganya pun cukup terjangkau yakni antara 100 hingga 200 ribu rupiah saja. Jadi bukan tidak mungkin kan kamu memiliki alat ini untuk menemukan rahasia racikan kopi nikmat ala kafe?

    Alat kedua yang bisa kamu coba juga dengan harga yang terjangkau adalah Vietnam drip. Cara menggunakannya cukup sedernah, tuang kopi, tuang air dan tekan-tekan hingga kopi menetes ke cangkir kopi. Di negera asalnya Vietnam, alat ini dihargai 30 ribu rupiah saja, namun di Indonesia harganya bisa dua kali lipatnya.
  9. Kopi nikmat ialah kopi yang sesuai dengan kesehatan mu. Buat kamu pecinta kopi kelas berat, penting juga memperhatikan kondisi kesehatan. Jangan sampai kebiasaan ngopi mu malah membawa mu masuk ke rumah sakit. Cita rasa dan selera harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Ada banyak trik dan cara menyeduh kopi yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Rahasia racikan kopi nikmat bisa kamu pelajari dari para pecinta kopi sejati sehingga didapat takaran kopi yang pas. Jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen rasa sendiri. Seperti kamu meracik bumbu masakan kesukaanmu, meracik kopi pun bisa kamu kreasikan dan kamu coba untuk menemukan sesuatu yang baru. Jangan cukup berpuas hati dengan suguhan kopi dari seorang barista. Pecinta kopi nikmat sejati adalah mereka yang meracik kopinya sendiri dengan ketelatenanan dan kaya pengalaman.

[ Kopimat | Kopi Nikmat | Kopi Hitam ]

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise