Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Di era modern sekarang ini, minum kopi bukan sesuatu yang aneh lagi. Bahkan tidak sedikit dari penikmat dan pencinta kopi rela melakukan hal-hal yang terkadang tidak masuk akal bagi orang biasa terutama dalam meracik dan menerapkan resep membuat kopi yang nikmat.

Kopi mengandung sejumlah kafein yang dapat menyebabkan seseorang kecanduan. Sehingga, tidak sedikit diantara penikmat kopi yang merasa pusing apabila belum menyeruput kopi. Entah itu di pagi hari atau sebelum bekerja.

Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Kesehatan


Namun disamping efeknya yang dapat menyebabkan kecanduan tersebut, kopi menyimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Dalam berbagai studi yang dilakukan oleh para ahli, ditemukan bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit-penyakit serius.

Nah, kalau kamu penasaran apa sih sebenarnya manfaat kopi yang sesungguhnya untuk kesehatan kita, terutama kopi hitam. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Minum kopi bisa membantu membakar lemak
    Tubuh kita membutuhkan sejumlah lemak. Akan tetapi, terlalu banyak lemak justru merugikan. Terlalu banyak lemak dapat menyebabkan obesitas yang ujung-ujungnya akan menyebabkan kita beresiko lebih besar terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lain-lain.

    Kalau ingin membakar lemak dengan cara yang mudah, kamu bisa mencoba minum secangkir kopi setiap hari. Kopi bisa membantu menurunkan lemak karena memiliki zat alami berupa kafein yang telah terbukti dapat membantu membakar lemak. Dalam beberapa studi dikatakan bahwa, kopi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita antara 3%hingga 11%. Pada orang yang gemuk, pembakaran lemak oleh kafein akan sedikit berkurang, hanya sekitar 10%. Akan tetapi, pada orang-orang yang kurus biasanya jauh lebih besar, mencapai 29%. Akan tetapi perlu diketahui, jika secara terus menerus dalam jangka panjang kita minum kopi, manfaat tersebut akan berangsur-angsur berkurang. Sehingga, ada baiknya kamu tidak terlalu sering minum kopi jika ingin tetap mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.

  2. Kopi mengandung sejumlah nutrisi penting
    Mungkin kita tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa kopi mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Kalau kamu masih belum yakin, berikut adalah beberapa bukti bahwa secangkir kopi mengandung sejumlah nutrisi, diantaranya: Mangan, kalium, magnesium, niacin, asam pantotenat (vitamin B5), dan vitamin B2 (riboflavin).

  3. Menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2
    Saat ini, penyakit diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sudah sangat menghawatirkan. Setidaknya hampir 300.000.000 orang di seluruh dunia terindikasi memiliki penyakit diabetes tipe 2. Sebuah jumlah yang fantastis ya?

    Karena beberapa alasan tertentu, peminum kopi ternyata beresiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Mereka rata-rata memiliki resiko lebih rendah 23% hingga 50%. Dalam beberapa studi di tunjukkan bahwa resikonya lebih rendah dari 67%. Setiap satu cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari menurunkan resiko 7% bagi peminumnya terkena diabetes tipe 2.

  4. Menghindarkan kita dari kepikunan atau alzheimer
    Saat kita berusia lanjut, kemampuan tubuh dan otak kita jauh menurun. Namun agar terhindar dari penyakit-penyakit orang tua seperti demensia, alzheimer atau kepikunan, kita dianjurkan untuk minum kopi. Merasa aneh? Tidak!

    Menurut penelitian, manusia yang sudah berusia 65 tahun sangat rentan terkena penyakit alzheimer. Untuk melawannya, di samping rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, kita dianjurkan untuk minum kopi karena ternyata, kopi secara efektif bisa membantu mencegah atau menurunkan resiko terkena alzheimer sebesar 65%.

  5. Dapat melindungi hati
    Hati merupakan organ penting di dalam tubuh kita yang memiliki ratusan fungsi. Apabila tidak dijaga, hati kita bisa rusak atau sakit. Sakitnya organ hari juga bisa dipengaruhi oleh penyakit tertentu. Misalnya saja, hepatitis bisa mempengaruhi kesehatan hati. Dan selain hepatitis tentu saja ada banyak penyakit lainnya yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan organ hati. Beberapa penyakit tersebut ternyata dapat menyebabkan sirosis pada hati. Sirosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahwa organ hati di dalam tubuh kita sebagian besarnya akan tergantikan oleh jaringan parut.

kopi menyimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan
Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit untuk Kesehatan Tubuh lainnya adalah :
  1. meningkatkan fokus pikiran
  2. meningkatkan kemampuan ingatan
  3. meningkatkan tekanan pembuluh darah
  4. menurunkan penyakit jantung
  5. meningkatkan kemampuan fisik
  6. meningkatkan penyembuhan otot
  7. menurunkan resiko penyakit hati

Kopi, yang kita minum setiap hari bisa melindungi hati agar terhindar dari kondisi seperti sirosis. Setidaknya minum kopi satu cangkir per hari bisa menurunkan resiko sirosis pada hati sebanyak 20%.

Sebenarnya manfaat minum kopi hitam pahit untuk kesehatan tubuh tidak hanya itu. Masih banyak manfaat yang lainnya yang bisa kita dapatkan seperti: dapat membantu melawan depresi, bisa membantu melawan berbagai jenis kanker, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, dll.