Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam
Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengkonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung.

Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni:
  1. Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan brand Italia sudah dijamin enak dan bagus. Semuanya harus berdasarkan pengalaman dan soal rasa pun terkadang relatif.
  2. Penyimpanan, jangan menyimpan kopi dalam freezer karena akan mengurangi kualitas rasa yang dihasilkan. Sesempurna apapun takaran membuat segelas kopi hitam yang Anda buat, jika kopi sudah disimpan dalam freezer, rasanya tetap akan berpengaruh. Jangan menyetok kopi terlalu banyak di rumah, beli dan habiskan, lalu beli lagi. Ini akan membantu Anda mendapatkan rasa kopi yang lebih enak.
  3. Menemukan takaran yang pas, meskipun ini soal selera, beberapa pecinta dan ahli kopi membuat takaran-takaran dalam menikmati segelas kopi. Anda bisa mencobanyak lebih dulu, dan jika menurut Anda rasanya tak sesuai selera, Anda pun bisa membuat takaran sendiri yang pas.

Takaran yang Pas Membuat Segelas Kopi Hitam
Matthew Marks, seorang pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, Amerika Serikat memberikan rumusan takaran kopi hitam yang pas sesuai selera konsumen di negaranya. Marks menyebutkan, bila menyeduhkan kopi bubuk yang banyak dengan air yang standar, maka akan terjadi over-extracted dan rasanya akan sangat pahit. Sebaliknya jika kopi terlalu sedikit dengan jumlah air standar maka akan terasa hambar dan tidak nikmat.

Menurut Marks, untuk membuat 6 ons kopi seduh, dibutuhkan sebanyak 11,25 gram kopi bubuk (setara dengan 2 sendok makan) dengan air sebanyak 3/4 dari ukuran cangkir biasa. Takaran ini akan menghasilkan rasa kopi yang pas, tidak terlalu hambar dan tidak over-extracted. Takaran ini merupakan ukuran standar minimal di industri kopi, Anda bisa mencobanya apakah sesuai dengan lidah Anda atau tidak. Tapi jika dibiasakan lama-lama Anda pun bisa menikmatinya.

Cara takaran manual ini akan membantu Anda menikmati segelas kopi dengan lebih cepat dan mudah. Ini adalah ukuran standar yang bisa Anda buat dimanapun Anda berada. Bila menggunakan peralatan kopi, tentunya akan menghasilkan takaran yang berbeda lagi.
Bila Anda merasa kopi yang Anda seduh rasanya masih kurang nikmat, cobalah mengecek kembali air panas yang Anda pakai untuk menyeduh. Pastikan memang air tersebut baru mendidih, bukan yang disimpan di dalam termos. Selain itu, lihat juga proses penggilingan kopinya. Proses penggilingan akan mempengaruhi aroma yang dihasilkan. Jika Anda merasa kopi yang diseduh kurang beraroma, maka Anda bisa mengatur ‘finer setting’. Sebaliknya jika Anda merasa kopi terlalu kuat beraroma dan pahit, pengaturan yang dipilih ‘coarser setting’. Inilah keuntungannya jika Anda memiliki sendiri alat penggilingan kopi, rasa kopi yang dihasilkan bisa lebih istimewa Anda rasakan.

Takaran Segelas Kopi Hitam untuk Penderita Maag
Buat para penikmat kopi pemula, biasanya tak lepas dari gula saat menikmati kopi. Ini cara awal seseorang yang dilakukan untuk melatih lidahnya menyukai kopi. Selanjutnya secara bertahap gula akan ditinggalkan. Tak hanya gula, banyak pula penikmat kopi yang menambahkan susu pada secangkir kopi yang dibuatnya, lalu bagaimanakah takarannya yang pas untuk rasa yang enak. Berbeda dengan takaran membuat segelas kopi hitam tentunya, dalam hal ini jumlah air dan komponen gula dan susu turut diperhitungkan.
Bila Anda memiliki maag yang tidak bisa menerima keasaman kopi dalam level yang tinggi, penambahan gula dan susu biasanya menjadi selera Anda. Jangan lupa untuk memastikan keasaman kopi yang diminum cocok untuk perut, Anda bisa mencoba satu teguk kopi lebih dulu saat bangun tidur dan belum mengkonsumsi apapun. Apabila perut terasa mual, ini menandakan tingginya kadar asam kopi yang menyebabkan asam lambung Anda naik. Ini cara manual untuk mengecek apakah kopi tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

Jika Anda termasuk yang harus menyeleksi keasaman kopi yang dibuat karena alasan asam lambung, Anda bisa mencoba takaran berikut ini:
  1. Takaran secangkir kopi hitam (black coffee)
    Sediakan air mendidih sebanyak 125 ml, 2 sendok teh kopi bubuk, 2 sendok teh gula pasir. Cara membuatnya, masukkan kopi ke dalam gelas lalu masukkan air secara berlahan-lahan sambil diaduk hingga kopi larut. Tambahkan gula dan aduk lagi hingga keduanya benar-benar menyatu. Untuk rasa yang nikmat, pastikan Anda menggunakan gula pasir tang terbuat dari tebu.
  2. Takaran secangkir kopi susu
    Sediakan 2 sendok teh kopi bubuk dalam cangkir, lalu tambahkan 125 ml air panas aduk hingga menyatu. Lalu tambahkan 1 sendok teh gula pasir dan 2 sendok teh susu bubuk. Aduk sebanyak 15-20 kali adukan hingga benar-benar menyatu.

Takaran membuat segelas kopi hitam ataupun kopi susu di atas tentu sifatnya relatif juga. Namun jika dibiasakan, Anda tentu bisa menemukan kenikmatan rasa tersendiri dari secangkir kopi yang dinikmati.

Foto : cocoparisienne

[ Kopimat | Kopi Nikmat ]