Langsung ke konten utama

Cara Membuat Secangkir Kopi Enak dan Lezat untuk Pemula

Cara Membuat Secangkir Kopi Enak dan Lezat untuk Pemula

Cara Membuat Secangkir Kopi Enak dan Lezat untuk Pemula
Kamu masih pemula dalam dunia kopi? Tak masalah, karena kopi soal rasa, dan rasa adalah selera. Selera tentu saja relatif, kamu bisa membuat sesuatu yang lezat di lidahmu sendiri tanpa harus minta bantu ke orang lain. Percaya? Bersiaplah menemukan rasa secangkir kopi yang lebih istimewa buatanmu sendiri, tak harus ke barista di kafe-kafe yang mahal. Cara membuat secangkir kopi enak dan lezat bisa kamu pelajari sendiri tekniknya, lalu padukan dengan seleramu, akan tercipta kopi nikmat yang tak kamu temukan di tempat lain.

Secangkir Kopi Tubruk
Untuk pemula, jenis seduhan kopi yang pasti kamu temui adalah kopi tubruk. Kopi tubruk ini sudah cukup umum dikenal di Indonesia dan siapa saja bisa menyajikannya. Namun apakah semua yang dibuat rasanya akan sama? Tentu tidak. Ketahui dan pelajari ilmu membuat secangkir kopi tubruk yang nikmat, hasilnya akan beda dibanding jika Anda menyeduhnya asal-asalan.

Ada beberapa hal yang penting kamu ketahui sebelum mulai menyeduh kopi tubruk. Ini juga termasuk cara membuat secangkir kopi enak yang kadang diabaikan orang. Hasilnya kopi yang dibuat biasa saja. Berikut ini diantaranya:
  1. Air yang digunakan mempengaruhi rasa kopi yang akan kamu buat, meskipun hanya satu cangkir. Para master kopi menyarankan untuk pembuatan kopi yang lebih nikmat dengan menggunakan air mineral yang dididihkan. Air mineral lebih aman karena kandungan unsur-unsur di dalamnya sudah disterilkan sehingga baik rasa maupun komponen lainnya lebih netral jika dipadukan dengan kopi. Kamu bisa merasakan rasa kopi nikmat yang sesungguhnya bila menggunakan air mineral. Sebelum digunakan, didihkan air sampai mendidih. Bila memiliki thermometer bisa sampai 90 derajat celcius.
  2. Kesegaran biji kopi menentukan rasa secangkir kopi. Kalau kamu masih menyukai kopi instan yang dijual di pasaran, kamu bukanlah pecinta kopi sesungguhnya. Kopi yang enak adalah kopi yang masih segar. Akan lebih nikmat lagi jika kopi tersebut baru siap sangrai dan keluar dari wadahnya. Siap untuk digiling dan menimbulkan cita rasa aroma yang lebih spesial. Jangan menggunakan kopi yang sudah lebih 2 bulan usia sangrainya, bisa dipastikan tidak segar lagi. Untuk penggilingan, jika kamu ingin membuat kopi tubruk, maka gilinglah dalam ukuran yang lebih halus. Sebab jika kasar tentu akan sulit menemukan rasa jika dipadukan dengan air. Cara membuat secangkir kopi enak juga dipengaruhi cara penggilingan. Sebaiknya kalau kamu memang pecinta kopi, miliki lah sebuah alat penggiling kopi yang banyak dijual di pasaran.
  3. Alat seduh harus bersih. Karena kopi tubruk tak membutuhkan peralatan khusus, maka peralatannya pun biasa saja yakn cangkir, teko, sendok, pemanas air dan sebagainya. Agar rasa kopi tak terkontaminasi dengan bahan lainnya, pastikan alat-alat ini bersih dan steril. Pencamuran material lain ke dalam seduhan kopi jelas akan merusak rasa kopi yang terbentuk.

Cara Menyeduh Kopi Secangkir Kopi Tubruk yang Nikmat
Mau tau cara membuat secangkir kopi enak dari jenis kopi tubruk, yuk simak langkah-langkah berikut ini:
  1. Didihkan air mineral di panci pemanas yang steril. Bila memiliki termometer bisa diukur suhunya. Suhu 90 derajat celcius sudah cukup bisa digunakan untuk menyeduh kopi. Tapi kalau kamu tak memiliki alat termometer, cukup tunggu sampai mendidih.
  2. Perbandingan air dan serbuk kopi yang digunakan inilah rahasia untuk menikmati kopi. Bila terlalu banyak kopi akan terasa pahit, dan bila terlalu banyak air rasanya akan sedikit hambar. Penambahan gula tidak berlaku bagi pecinta kopi sejati. Tapi untuk kamu yang masih pemula, ini akan membantu kamu menemukan rasa yang lebih disukai.
    Lalu berapa perbandingan idealnya? Menurut rumusan pengalaman mereka yang sudah lama mempelajari dunia kopi, rasio perbandingan kopi dan air adalah 1: 15. Bila Anda membuat 20 gram kopi maka tambahkan 300 ml air mendidih.
  3. Masukkan serbuk kopi ke dalam cangkir, lalu masukkan air sedikit lebih dulu, biarkan selama 30 detik. Proses pembiaran ini bertujuan agar kopi bisa panas lebih dulu dan mengeluarkan komponen gas yang dapat meningkatkan asam lambung. Setelah itu lanjutkan dengan tuangan air selanjutnya sampai batas rasio yang ditentukan. Aduk pelan-pelan kopi sampai kondisi hangat dan tidak panas.
  4. Untuk jenis kopi hitam, sebaiknya diseduh dengan air yang panasnya tidak lebih dari 80 derajat celcius. Hal ini disebabkan kadar kafein yang mudah larut pada kondisi suhu yang tinggi. Kafein ini akan memberikan efek terlalu pahit yang dapat merusak rasa kopi.
  5. Suhu ideal untuk menikmati secangkir kopi nikmat adalah 60 derajat celcius. Pada suhu ini kamu bisa merasakan rasa kopi yang lebih spesial. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jangan menikmati kopi pada suhu panas, nikmatnya tidak bisa kamu rasakan.

Cara membuat secangkir kopi nikmat, enak dan lezat tentu saja beragam sesuai selera. Bagi pemula tentu saja bagaimana rasa yang dihasilkan bisa membuat kamu semakin cinta dengan kopi. Segelas kopi nikmat akan membantu kamu lebih fokus dalam memikirkan sesuatu. Itu sebabnya minum secangkir kopi di malam hari banyak dilakukan orang. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan rasa yang spesial dan tanpa peralatan yang mahal. Cara membuat secangkir kopi enak dari jenis tubruk ini cocok juga untuk kamu yang sedang ada di lapangan dan tak menemukan alat pembuat kopi. Selamat ngopi. Selamat minum secangkir kopi nikmat.

[ Kopimat | Kopi Nikmat ]

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise