Langsung ke konten utama

Ini Caranya Minum Secangkir Kopi Nikmat Paling Enak


Secangkir kopi yang kita minum bisa beraneka rasanya. Tergantung pada banyak hal. Terkadang meskipun Anda menyeduh single origin paling berkelas, namun ada beberapa hal teknis yang salah, rasanya tidak bisa dinikmati secara maksimal. Sebaliknya, kopi-kopi kelas biasa jika pintar menyajikan, rasanya bisa wow dan membuat Anda ingin meminumnya lagi. Sebuah kopi yang berkualitas memang membutuhkan banyak hal yang mendukung. Mulai dari geografis perkebunan, cara panen, pasca panen, sangrai, aroma dan rasa, cara seduh, alat yang digunakan untuk menyeduh dan sebagainya. Namun semua itu sifatnya relative. Soal rasa memang terkadang berbeda di lidah orang, tetapi jika suatu kopi dinilai enak oleh banyak orang, maka bisa dikatakan kopi itu memang enak.

Mau Minum Secangkir Kopi Paling Enak? Ini Caranya
Ada banyak hal yang akhirnya akan memberikan nilai penentuan pada secangkir seduhan kopi di depan Anda, beberapa diantaranya sebagai berikut:
  1. Asal daerah kopi
    Menikmati single origin dari speciality kopi akan memungkinkan Anda bertanya banyak hal pada pelayan atay barista tentang kopi yang disajikan. Jangan sungkan untuk bertanya karena itu hak Anda. Misalnya jika kopi itu berasal dari Mandailing Sumatera Utara, cenderung memiliki ukuran yang besar. Sementara untuk jenis kopi asal Pulau Jawa, biasanya memiliki kadar keasaman yang relative tinggi. Juga daerah-daerah yang lain, Anda harus memastikan karakteristik kopi itu memang sesuai untuk Anda.
  2. Cara seduh
    Cara seduh secara umum terbagi dua, yakni secara manual atau menggunakan alat. Jika Anda pencinta espresso maka akan ada pilihan lagi, apakah menggunakan susu, air atau susu dan busa (cappuccino). Jika seduh manual pun banyak pilihannya. Rasa yang paling jujur akan ditunjukkan cara seduh tubruk. Ada juga dengan teknik french press, tinggal tekan beberapa menit maka akan keluar seduhan kopi. Jika Anda tidak tahu, kopi yang Anda pilih lebih enak diseduh dengan cara apa, maka sebaiknya bertanya pada barista. Seiring dengan pengalaman, maka Anda akan bisa menemukan mana cara seduhan yang paling Anda minati.
  3. Cita rasa kopi
    Ada beberapa cita rasa kopi yang bisa Anda perhatikan diantaranya aroma, keasaman, badan kopi, rasa, sisa rasa dan kemanisan. Jangan malu untuk belajar, googling, bertanya pada barista, konsultasi dengan para pecinta kopi atau rasakan sendiri rasanya satu persatu. Ini akan memberikan pengalaman yang seru untuk si petualang pencari rasa kopi.
  4. Harga yang cocok
    Jangan sampai hanya ngopi bikin kondisi kantong Anda kosong. Kedai-kedai kopi standar mematok harga kopi pada kisaran 15ribu hingga 20 ribu. Yang lebih elit tentu akan mematok di atas itu. Namun yang penting juga harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai enak di mulut tapi nggak enak di saku. Kenapa demikian? Tegukan pertama biasanya akan mengundang ke tegukan selanjutnya, jadi pastikan memang yang terjangkau dengan saku Anda.
  5. Kesegaran kopi
    Kopi yang bagus tentu saja yang masih segar dan baru disangrai. Jangan meminum kopi yang sudah disangrai lebih dari sebulan. Waktu paling enak untuk menikmati kopi setelah disangrai jaraknya 7 hingga 10 hari saja. Jadi sebaiknya jangan menyimpan biji kopi terlalu banyak di rumah jika tidak untuk segera dihabiskan.
  6. Suasana yang sejuk
    Menikmati secangkir kopi di suasana yang panas tentu saja tidak nikmat, namun terlalu dingin juga tak lezat untuk kopi Anda, karena hangatnya akan berubah menjadi dingin. Jadi sebaiknya Anda memilih suhu yang sejuk, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Pada kondisi inilah rasa secangkir kopi akan bisa Anda nikmati dengan maksimal.

Minum kopi yang enak sebaiknya juga di lingkungan yang asyik dan mendukung. Jangan sampai tempat ngopi kita kotor atau ada bau tertentu. Aroma kopi menjadi tidak terasa. Selain itu, sebelum ngopi sebaiknya perut Anda terisi. Terlebih lagi bagi penderita maag, maka jangan sekali-kali termakan iklan, bangun tidur langsung ngopi. Ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan dari lambung Anda.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan