Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Noda Kopi Pada Pakaian


Cara Menghilangkan Noda Kopi Pada Pakaian
Menikmati secangkir kopi memang memberikan kenikmatan luar biasa bagi para pecinta kopi. Namun terkadang juga ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Seperti misalnya air kopi yang tumpah ke pakaian, ke meja atau kain-kain lainnya yang dianggap penting. Akan lebih menyedihkan jika yang tertumpah air kopi tersebut pakaian kesayangan Anda. Jika demikian yang terjadi tak usah panik.

Pakaian dengan warna putih mungkin lebih mudah dihilangkan dengan menggunakan pemutih pakaian, namun bagaimana dengan pakaian berwarna lainnya. Ataupun jika Anda tidak suka menggunakan bahan-bahan kimian untuk menghilangkan noda tersebut, maka bisa memilih beberapa bahan alami yang ternyata juga memiliki khasiat menghilangkan noda kopi pada pakaian. Apa saja bahan-bahan alami penghilang noda kopi tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:
  1. Baking soda
    Bahan kimia ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menghilangkan noda kopi pada pakaian. Caranya, ambil kain yang sudah dibasahi dengan air bersih, lalu usapkan pada noda kopi di pakaian. Setelah itu taburkan sedikit baking soda di atas noda yang belum bersih tersebut, lalu bersihkan lagi dengan kain basah tadi. Bersihkan hingga noda hilang dan bekas baking sodanya juga larut dalam kotoran. Jika pakaian hendak dicuci lagi, maka bisa dicuci setelah menghilangkan bekas baking soda pada kain tersebut. Sangat mudah bukan? Jadi tak perlu panik dengan noda kopi di pakaian.
  2. Cuka
    Cuka juga memiliki fungsi yang sama dengan baking soda, yakni mampu membersihkan noda pada pakaian. Namun umumnya orang kurang menyukai cuka karena aromanya yang kurang sedap. Jika di rumah Anda hanya ada cuka dan tidak ada baking soda, maka bisa memilih bahan ini untuk menghilangkan noda kopi di pakaian. Caranya hampir sama dengan baking soda. Pertama bersihkan lebih dulu noda kopi dengan kain basah, lalu setelah itu teteskan hingga rata cuka ke atas noda kopi yang masih ada. Biarkan sekitar tiga menit, lalu setelah itu basuh dengan air basah dan gosok hingga noda bersih. Jika tidak dicuci, maka tunggu saja hingga kering dan warna pakaian Anda akan kembali seperti semula.
  3. Lemon
    Lemon memiliki banyak khasiat, bukan hanya untuk kesehatan dan kecantikan namun juga bisa digunakan sebagai bahan alami penghilang noda tumpahan kopi. Caranya sama seperti kedua bahan di atas. Pertama basuh lebih dulu noda yang ada dengan menggunakan air dan kain basah. Setelah itu oleskan potongan lemon pada noda yang ada. Oleskan berkali-kali hingga noda hilang. Selanjutnya bersihkan lagi dengan menggunakan kain basah. Lalu tunggu hingga kering dan noda pun akan hilang.
Penting untuk diketahui, bahan-bahan di atas dapat diaplikasikan dengan hasil yang maksimal khususnya pada pakaian dengan bahan dasar katun. Bahan-bahan tebal lain lainnya seperti kaos tebal dan jeans mungkin agak sulit menggunakan bahan di atas. Apalagi jika noda kopi sudah cukup lama dan telah melekat di benang pakaian, tentu akan lebih sulit untuk dihilangkan. Menggunakan bahan-bahan di atas akan maksimal hasilnya jika noda tumpahan masih baru dan masih mudah untuk dihilangkan, terlebih lagi dengan bahan dasar yang tipis dan mudah dihilangkan. Sebagai saran, begitu terkena tumpahan noda kopi, sebaiknya pakaian segera dibersihkan semampunya, sebab apabila noda tersebut telah kering maka akan lebih sulit lagi dihilangkan. Terlebih lagi pada jenis bahan yang tebal dan meresap.

Menggunakan deterjen pencuci juga bisa dilakukan. Namun sebaiknya juga dilakukan sesegera mungkin setelah terjadinya tumpahan noda. Bahan-bahan seperti baking soda, cuka dan lemon bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda kopi pada kondisi-kondisi seperti di kantor, dalam perjalanan dan seterusnya yang tidak memungkinkan kondisi untuk mencuci pakaian menggunakan deterjen.

Untuk lebih mempercepat hilangnya noda pada pakaian saat mencuci, maka disarankan menggunakan air hangat atau air panas untuk merendamnya. Misalnya noda yang sudah begitu banyak dan telah mengering, maka bisa merendamnya lebih dulu dengan air mendidih ditambah dengan deterjen kualitas terbaik.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan