Langsung ke konten utama

Tips Menyimpan Biji Kopi Supaya Awet dan Tahan Lama


Tips Menyimpan Biji Kopi Supaya Awet dan Tahan Lama
Menikmati jenis kopi speciality dari jenis bijin kopi pilihan memang mengharuskan Anda pintar menyimpannya. Selain lebih mahal, jika Anda tak pintar menyimpannya maka usianya akan cepat kadaluarsa. Jangan sampai rasa menjadi berubah hanya karena Anda salah dalam cara menyimpan biji kopi. Terlebih lagi jika Anda mengelola kafe atau kedai kopi. Sediaan kopi yang ada harus disimpan dengan baik. Perhatikan bagaimana lingkungannya, wadahnya dan juga usia pembelian hingga penggunaan. Terlalu lama menyimpan kopi akan menyebabkan kopi berubah rasa, jadi memang harus memperhatikan kapan waktu ideal biji kopi yang segar itu dinikmati. Itu jika Anda ingin menikmati kopi dengan citara rasa kualitas terbaiknya.

Berikut ini beberapa panduan tips menyimpan kopi yang bisa Anda lakukan:
  1. Pastikan wadah kopi kedap udara
    Udara akan mengurangi rasa dan mempercepat berkurangnya kualitas biji kopi yang disimpan. Apabila Anda membeli biji kopi dalam kemasan yang segelnya bisa ditutup kembali dengan rapat tanpa adanya udara yang bisa masuk, maka sebaiknya Anda tetap meletakkan kopi dalam kemasan tersebut secara aman. Simpan kembali dengan baik dan rapi, pastikan tak ada udara yang masuk. Namun jika tidak, pastikan Anda memindahkannya ke wadah yang kedap udara. Cari wadah-wadah yang rapat dan memang terbukti kedap udara.
  2. Hindarkan dari penetrasi cahaya serta panas
    Untuk menjaga kualitas biji kopi yang disimpan, maka sebaiknya disimpan di suhu kamar yang standar. Tidak terkena cahaya matahari atau panas-panas peralatan listrik lainnya. Mungkin saja di dapur banyak alat-alat elektronik yang menghantarkan panas, pastikan penyimpanan biji kopi Anda aman dari semua itu. Serta cahaya matahari yang mungkin masuk melalui celah ruangan rumah, pastikan juga tidak mengenai wadah tempat penyimpanan biji kopi yang ada.
  3. Jangan menyimpan biji kopi dalam kulkas
    Kebiasaan kita yang paling sering dalam mengawetkan suatu makanan adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Tidak semua makanan baik disimpan di kulkas, termasuk kopi. Kopi sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Di dalam kulkas ada banyak makanan dengan aroma yang beraneka ragam. Jika kopi disimpan di kulkas dalam beberapa hari, maka cita rasa dan aroma biji kopi itu sendiri akan terkontaminasi dengan berbagai jenis makanan yang ada dalam kulkas. Hasilnya tentu tidak akan sama dengan biji kopi segar yang Anda seduh. Oleh karena itu jangan sesekali menyimpan biji kopi dalam kulkas jika Anda ingin mendapatkan aroma dan rasa kopi yang tidak berubah.
  4. Letak di tempat yang kering
    Pastikan wadah penyimpanan kopi Anda dalam kondisi kering. Dan selama proses penyimpanan tidak terkena air atau suhu yang lembab. Bukan hanya aroma dan rasa yang akan berubah, kopi yang terkena air bahkan bisa dipastikan tidak enak lagi dan tidak bisa lagi untuk digiling dan dinikmati.
  5. Jangan membeli banyak kopi jika tidak segera dihabiskan
    Usia nikmatnya kopi untuk dinikmati dari setelah waktu sangrai berkisar 7 hingga 10 hari. Itu untuk jenis kopi speciality, kopi alami dan bukan kopi instan atau kopi kiloan yang beredar di pasaran. Pada waktu itu, biji kopi masih segar dan nikmat bersama aromanya yang khas. Membeli biji kopi dalam jumlah banyak dan tidak segera dihabiskan akan mubajir. Karena kopi yang enak tentu saja yang masih segar. Selain itu menyimpan kopi dalam waktu lama juga beresiko pada banyak hal seperti berjamur, aroma yang berubah dan sebagainya. Jadi seberapapun Anda suka terhadap biji kopi tertentu, sebaiknya beli dalam jumlah secukupnya saja. Jika besok Anda ingin lagi, maka bisa membelinya lagi.

Jika tampak ribet dengan proses penyimpanan, maka yang lebih praktis memang Anda bisa menikmati kopi dari kafe-kafe terbaik yang ada di tempat Anda. Tidak usah bingung menyimpan bijinya, tidak perlu mahal membeli alat seduhnya. Pastikan saja kopi yang dibuat adalah yang terbaik, maka rasanya pun tidak akan mengecewakan. Kopi –kopi alami dengan kualitas terbaik menjanjikan rasa yang tak terlupakan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise