Akibat Kecanduan Kopi Bagi Para Pengopi


Para pecandu kopi tak akan pernah sehari tanpa kopi. Dalam sehari bisa beberapa kali membuat minuman ini. Bila Anda masih bisa melalui hari tanpa secangkir kopi, itu artinya Anda belum menjadi pecandu kopi sejati. Apakah candu kopi berbahaya? Bagi mereka yang mengkonsumsinya dengan cara tidak tepat serta kurang memperhatikan bagaimana cara untuk menetralisirnya mungkin akan menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Misalnya sepanjang hari Anda hanya mengkonsumsi kopi saja tanpa minum air putih, maka resiko penyakit ginjal bisa mengancam Anda. Jika Anda ingin mengkonsumsi kopi yang banyak dalam sehari, maka perbanyak jugalah mengkonsumsi air putih.

Jika Anda mengkonsumsi kopi dengan penambahan gula yang banyak, maka pastikan juga Anda melakukan aktifitas fisik yang cukup dalam sehari. Sebab jika tidak akan terjadi penumpukan kalori yang tinggi pada tubuh. Imbasnya, penyakit diabetes mungkin saja bisa menjangkiti Anda.

Ketika Para Pecandu Kopi Tak Bertemu Kopi dalam Sehari
Nah, jika ciri-ciri berikut ini telah ada dalam diri Anda selama sehari tidak minum kopi, artinya Anda sudah pada fase pecandu kopi sejati. Berikut ini diantaranya ciri-ciri tersebut:
  1. Tidak fokus
    Kadar kafein yang ada dalam kopi membantu orang bisa lebih fokus terhadap apa yang ia kerjakan. Itulah sebabnya mereka yang mengerjakan banyak tugas kantor terkadang membutuhkan secangkir kopi untuk dinikmati. Perasaan tidak fokus akan membuat si pencandu kopi merasa gelisah, tidak tenang dan sebagainya. Kafein dalam kopi yang biasa diminum telah menyulap banyak orang menjadi lebih fokus terhadap sesuatu yang ia kerjakan. Perasaan ini akan kontras terjadi bila tidak meminum kopi. Maka para pecandu kopi akan berjuang dengan maksimal untuk mendapatkan secangkir kopi guna meningkatkan fokus.
  2. Mengantuk
    Kafein lagi-lagi mampu membuat kita menjadi tahan kantuk saat mengkonsumsi kopi. Maka mereka yang terbiasa mendapatkan asupan kafein dari kopi akan merasa sangat mengantuk jika tidak mendapatkan secangkir kopi. Sebaliknya jika ia sudah mendapatkan kopi, maka akan tampak segar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya. Apakah Anda sering mengalami hal ini? itu artinya Anda memang sudah kecanduan kopi.
  3. Lemas
    Mereka yang biasa ngopi akan merasa lemas jika sehari saja tidak ngopi. Serasa ada yang hilang dan pahit di lidah. Seperti hampa dan tidak merasakan kebahagiaan di pikiran. Sebegitulah efek dari kafein ke tubuh dan pikiran. Lemah dan merasa tak bersemangat dalam menjalankan aktivitas hariannya. Maka mereka pecinta kopi demi menghilangkan kehampaan yang dirasakan itu, akan rela membeli banyak hal tentang kopi. Biji kopi yang mahal, alat yang mahal hingga tempat ngopi yang jauh di malam hari dan cuaca yang dingin. Kopi seolah menjadi harapan di sepanjang hari, kopi menjadi kekuatan yang mengpus lemah lesu dari tubuh. Apakah Anda telah merasakannya? Itu artinya Anda sudah berada pada kondisi kecanduan minuman kopi.
  4. Mudah kesal
    Efek seharian tak bertemu dengan kafein dalam kopi yang lainnya adalah gampang kesal. Mungkin karena tak bertemu dengan apa yang menjadi harapannya sepanjang hari. Akibatnya rasa kesal akan muncul lebih dominan. Akan sulit menghabiskan waktu berbahagia di sisa harinya bersama keluarga. Perasaan kebahagiaan yang ia harapkan dalam satu hari tak ia dapatkan. Demikianlah efek kafein yang telah merasuk dalam pikiran sehingga perasaan yang lain terkadang menjadi terkesampingkan. Rasa mudah kesal itu muncul begitu saja, terlebih jika ada yang memicunya.

Kopi menjadi kebutuhan bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan cara yang benar. Pastikan juga jenis kopi yang diminum adalah jenis yang terbaik sehingga lebih meminimkan resiko kesehatan. Banyak yang mengatakan kopi yang disangrai dengan warna yang hitam, kandungan kafeinnya lebih rendah. Namun cara ini tak baik untuk penderita maag. Atur jadwal ngopi yang tepat dan akan lebih sehat juga jika Anda mulai mengurangi tambahan gula pada secangkir kopi yang Anda seduh. Pilih jenis single origin yang terbaik untuk mendapatkan rasa yang beraroma tanpa harus memakai gula.