Langsung ke konten utama

Tips Pintar Mengelola Kafe Kopi Supaya Laris Manis


Tips Pintar Mengelola Kafe Kopi Supaya Laris Manis
Tips Membuka Cafe Kopi

Jika Anda pecinta kopi, kenapa tidak mencoba merambah bisnis kedai atau kafe kopi? Berbisnis dengan sesuatu yang disukai akan lebih terasa nikmat. Bahkan ketika kita rugi sekalipun, semangat tetap akan membara. Dari pada setiap hari Anda nongkrong di kafe orang lain, kenapa tidak Anda saja yang membawa orang lain nongkrong di kafe Anda. Bukan kah Anda telah memiliki banyak referensi aneka kopi spesial yang bakal dijamin menggugah selera para pecinta kopi?

Nah, jika Anda sudah memiliki bisnis kafe kopi, ataupun sudah tertarik ingin mendirikannya, maka ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan agar kafe Anda laris manis dikunjungi pelanggan setiap waktu. Bagaimana caranya? Berikut ini diantaranya:
1. Tentukan segmentasi pelanggan
Di awal membuka kafe atau kedai kopi, tentukan siapa target pasar Anda. Apakah kalangan profesional, pekerja, remaja dan sebagainya. Dengan target ini, maka dengan mudah juga Anda bisa menetapkan tarif, jenis kopi yang disediakan serta nuansa kafe yang akan dibangun. Misalnya jika Anda membidik segmentasi pelajar dan mahasiswa, soal harga tentunya lebih terjangkau dan suasana pun bisa didesain menjadi lebih edukatif. Di beberapa kafe memilih konsep kafe buku, yakni menciptakan suasana literasi di sebuah kafe sehingga kafe tersebut memiliki kesan dan konsep yang berbeda dari yang lainnya.
2. Sentuhan suasana lokal
Salah satu konsep unik yang bisa membuat kafe Anda bakal tampil beda dengan kafe yang lainnya adalah dengan memadukan unsur lokal daerah setempat. Misalnya dengan suasana kedaerahan yang bisa dibangun dari desain ruangan, pakaian penjaga kafe, suasana musik yang dihadirkan dan sebagainya. Selain tampil beda, sentuhan suasana seperti ini juga lebih laku dijual karena turut mengembangkan wisata daerah setempat. Terlebih lagi jika di daerah tersebut memiliki jenis kopi yang dikenal di tingkat nasional atau bahkan internasiona. Maka konsep kafe dengan sentuhan kedaerahan tersebut lebih laku dijual. Anda juga mudah mempromosikannya hingga mengajukan hibah bantuan ke dinas pariwisata setempat atau lembaga-lembaga pemberi dana hibah bisnis.
3. Pelayanan khusus
Pelayanan khusus memang selalu dibutuhkan untuk sebuah bisnis yang ingin tampil beda dengan usaha bisnis yang lainnya. Salah satu bentuk pelayanan khusus yang bisa Anda tampilkan di kafe yang akan Anda buat misalnya dengan memberikan nama pelanggan pada cup kopi yang ia pesan. Pelayanan yang ramah dan bersahabat tentunya juga tak boleh ditinggalkan, sebab dari kenyamanan itulah seseorang akan betah berlama-lama di kafe kita. Pelayanan khusus yang lainnya bisa Anda pikirkan sesuai dengan kondisi tempat Anda membuka kafe, siapa pelanggan Anda serta bagaimana karakter penikmat kafe di tempat tersebut.
4. Bekerjasama dengan komunitas
Cobalah membuat event-event tertentu dalam rentang waktu tertentu bersama komunitas-komunitas yang ada. Misalnya komunitas pencinta puisi, komunitas menulis, komunitas pencinta alat musik dan sebagainya. Taja sebuah even dan lakukan publikasi yang masif. Cara ini juga menjadi dara marketing dari kafe Anda. Orang akan datang ke tempat Anda untuk pertama kali, dan ketika ia merasakan kenyamanan maka ia akan datang untuk kedua kalinya, bahkan mungkin saja merekomendasikan teman-temannya.
5. Peduli kondisi sosial
Supaya kafe Anda tampil beda dan memiliki branding, cobalah mulai peduli dengan kondisi sosial kemanusiaan yang ada. Misalnya jika sedang terjadi bencana alam atau bencana kemanusiaan baik di tingkat nasional maupun internasional, tunjukkan kepedulian kafe Anda dengan ikut berpartisipasi menggalang dan dan sejenis. Berbisnis tidak semata-mata mencari uang, tapi bagaimana membantu orang. Cara ini adalah bentuk kerja sosial kita, investasi kebaikan yang akan berimbas pada kelangsungan bisnis yang kita kelola.

Jika Anda sudah memiliki segmentasi pelanggan yang Anda target, maka sebaiknya juga mengatur jam buka sesuai dengan target pelanggan tersebut. Namun untuk even promo, Anda bisa kapan saja membuka kafe dengan menaja berbagai acara yang bisa mendatangkan pelanggan baru. Untuk itu, hal yang penting Anda persiapkan adalah menciptakan suasana kafe yang indah dan nyaman untuk berbagai kegiatan.

Postingan populer dari blog ini

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Filosofi Kopi dan Gula

Filosofi Kopi dan Gula Jika kopi terlalu pahit Siapa yang salah? Gula lah yang di salahkan karena terlalu sedikit hingga "rasa" kopi pahit Kasus 2 Jika kopi terlalu manis Siapa yang disalahkan? Gula lagi karena terlalu banyak hingga "Rasa" kopi manis Kasus 3 Jika takaran kopi & gula balance Siapa yang di puji...? Tentu semua akan berkata... Kopinya mantaaap Kemana gula yang mempunyai andil Membuat "rasa" kopi menjadi mantaaap Filosofi Kopi dan Gula Mari Ikhlas seperti Gula yang larut tak terlihat tapi sangat bermakna. Gula PASIR memberi RASA MANIS pada KOPI, tapi orang MENYEBUTnya KOPI MANIS... bukan KOPI GULA... Gula PASIR memberi RASA MANIS pada TEH, tapi orang MENYEBUTnya TEH MANIS... bukan TEH GULA... ORANG menyebut ROTI MANIS... bukan ROTI GULA... ORANG menyebut SYRUP Pandan, Syrup APEL, Syrup JAMBU.... padahal BAHAN DASARnya GULA.... Tapi GULA tetap IKHLAS LARUT dalam memberi RASA MANIS... Filosofi Kopi dan