Langsung ke konten utama

6 Alat Kopi Manual Untuk Menikmati Citarasa Kopi Yang Sebenarnya

Alat Kopi Manual

Kopimat.com - Indonesia adalah salah satu penghasil kopi paling berkualitas di dunia. Kita punya kopi luwak yang kenikmatan rasa dan keunikannya diakui oleh masyarakat dan pecinta kopi di seluruh dunia. Maka wajar jika masyarakat Indonesia sendiri antusias dengan gaya hidup minum kopi yang otentik dan lebih mementingkan citarasa dibandingkan dengan hanya mengandalkan praktisnya saja. Makin banyak kedai kopi kekinian yang menawarkan minuman kopi dengan teknik brewing yang lebih punya usaha dibandingkan dengan hanya menyajikan kopi instan saja. Makin banyak pula penggemar kopi otentik yang mulai membiasakan diri minum kopi hasil brewing dibandingkan kopi instan. Anda termasuk salah satu penggemar kopi otentik? Ini dia beberapa macam alat kopi yang digunakan untuk membuat kopi yang banyak digunakan di kedai kopi oleh barista.

  1. Alat Kopi Hario V60
    Hario adalah produsen alat kopi asal Jepang yang kemudian namanya melejit setelah mencipatkan alat brewing dengan kemiringan sudut 60 derajat, maka dari itu disebut dengan Hario V60. Cara menggunakan alat ini adalah dengan menuangkan bubuk kopi pada filter yang telah dipanaskan lalu tuangkan air hingga semua bubuk kopi basah kemudian berhenti dan tunggu 10 hingga 15 detik untuk proses blooming atau menghilangkan karbondioksidanya. Setelah muncul adanya gelombang di atas bubuk kopi, lanjut tuangkan air panas hingga habis dengan gerakan memutar. Rasio antara bubuk kopi dengan air sebaiknya 20 gram : 300 ml dengan tingkat kehalusan bubuk kopi medium-fine.

    Alat Kopi Hario V60

  2. Alat Kopi Kalita Wave
    Alat kopi satu ini punya bentuk yang mirip dengan Hario V60 hanya saja Kalita Wave punya bentuk buah labu. Selain itu jika dilihat pada bagian drip-nya alat kopi ini menggunakan gaya flat drip dengan tiga lubang yang rata. Cara menggunakannya pun sama dengan Hario V60 termasuk proses blooming-nya juga. Setelah air selesai dituang tunggu 2 hingga 3 menit agar kopi terseduh dengan baik baru bisa dinikmati. Perbandingan air dengan bubuk kopi menggunakan Kalita Wave juga sama dengan Hario V60.

    Alat Kopi Kalita Wave

  3. Alat Kopi French Press
    French Press adalah alat kopi yang sangat mudah digunakan sehingga banyak digunakan untuk rumah tangga. Alat ini juga bisa jadi starter untuk pecinta kopi atau calon barista yang ingin belajar tentang cara membuat kopi secara manual tanpa menggunakan mesin. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan biji kopi yang digiling dengan kasar ke dalam alat yang sudah di panaskan sebelumnya selama 2-3 menit. Kemudian tuangkan air ke bubuk kopi lalu aduk. Tutup alat dengan menggunakan kepalanya dan diamkan seduhan kopi selama kurang lebih 4 menit baru filternya ditekan ke bawah.

    Alat Kopi French Press

  4. Alat Kopi AeroPress
    Alat ini mudah digunakan dan lebih fleksibel untuk dibawa ke mana-mana. Sehingga ketika Anda bepergian Anda bisa tetap menikmati kopi dari biji terfavorit di mana saja dan kapan saja. Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan AeroPress di atas cangkir tempat Anda akan minum kopi. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan biji kopi yang digiling dengan tingkat medium ke dalam wadah penyeduhnya. Kemudian aduk dan seduh selama waktu yang Anda suka sesuai dengan selera. Setelah kopi terseduh sesuai dengan keinginan Anda, pasang kepala press-nya dan tekan ke bawah sehingga kopi yan terseduh akan menetes ke cangkir dan siap untuk minum.

    Alat Kopi Aeropress Australia

  5. Alat Kopi Chemex
    Chemex memiliki bentuk yang mirip seperti wine decanter yang desainnya seperti jam pasir dengan bagian tengah yang menyempit untuk proses dripping dari kopi yang dibuat. Chemex didesain untuk membuat kopi hingga 8 gelas sekali seduh sehingga bisa Anda gunakan ketika ingin menjamu tamu dengan kopi berkualitas tinggi. Cara menggunakannya mirip dengan alat kopi manual lainnya yaitu dengan meletakkan filter pada bagian bloomer kemudian masukkan biji kopi yang digiling dengan tingkat medium. Tuangkan air panas untuk membasahi bubuk kopi kemudian tunggu 10 detik baru dituangkan semua airnya dengan teknik seduh yang Anda suka. Karena lebih banyak hasil kopinya maka sebaiknya tunggu kopi tersedu beberapa menit lebih lama ketimbang porsi personal.

    Alat Kopi Chemex

  6. Alat Kopi Vietnam Drip
    Vietnam Drip adalah cara orang Vietnam menikmati kopi tradisionalnya. Cara membuat kopi dengan alat kopi satu ini terbilang unik karena waktu dripping-nya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan alat yang lebih modern. Kemudian alat ini juga digunakan untuk membuat kopi susu ala Vietnam bukannya kopi hitam seperti pada alat-alat modern yang disebutkan di atas. Cara membuat kopi menggunakan alat ini adalah dengan memasukkan susu kental manis sekitar ¼ bagian cangkir, kemudian letakkan alat Vietnami Drip pada bagian atas cangkir. Dengan menggunakan alat yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, masukkan biji kopi yang sudah digiling dengan halus ke dalam chamber-nya kemudian tuangkan airnya dan tutup dengan menggunakan penutupnya. Tunggu proses dripping selama kurang lebih 15 menit sebelum kopi dan susu diaduk untuk menghasilkan kopi susu khas Vietnam yang nikmat.

    Alat Kopi Vietnam Drip


Kopimat, Kopi Nikmat, Citarasa kopi.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise