Begini Cara Membuat Kopi Hitam yang Mantap dan Enak, Sudah Terbukti

Begini Cara Membuat Kopi Hitam Nikmat yang Mantap dan Enak, Sudah Terbukti

Begini Cara Membuat Kopi Hitam Nikmat yang Mantap dan Enak, Sudah Terbukti
Minum kopi yang enak nggak selamanya harus nongkrong di kafe. Jika kamu seorang peminum kopi yang rutin, coba saja hitung berapa pengeluaran mu per bulan jika rutin ke kafe. Padahal jika kamu mau belajar sedikit saja, kamu pun bisa mengetahui bagaimana cara membuat kopi hitam yang mantap dan enak sendiri di rumah. Lebih hemat, lebih terjamin dan pastinya bisa menambah kecintaan mu pada kopi. Jangan bangga jadi pecinta kopi kalau buatnya masih di kafe terus.

Melihat secangkir kopi hitam bisa menimbulkan sensasi selera tersendiri bagi penggemarnya, terlebih lagi jika aroma khas dari kopi tersebut didapatkan dari kopi segar dan nikmat. Baik kopi arabica maupun robusta, keduanya memiliki peminatnya masing-masing, karena soal selera itu relatif. Kini saatnya kamu meramu kopi nikmat mu sendiri, dari singel origin yang berkualitas dan masih segar.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui dalam Menyeduh Kopi Hitam
Kopi dengan warna hitam memiliki kandungan kafein yang tinggi. Biasanya berasa pahit dan inilah yang membuat orang kurang suka dengan varian kopi hitam. Penambahan gula saja bagi sebagian orang dirasa kurang cukup untuk menghilangkan rasa pahit, hingga digunakan lah susu, creamer atau jenis UHT. Namun tidak demikian buat kamu pecinta kopi nikmat sejati. Kopi yang sebenarnya adalah tanpa gula. Di situlah sensasi rasanya lebih terasa. Selain itu juga lebih sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Cara membuat kopi hitam yang mantap pun lebih mudah, lebih simpel dan tak perlu ribet.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat segelas kopi hitam yang enak? Berikut ini diantaranya:
  1. Air yang digunakan untuk menyeduh kopi sebaiknya tidak dalam kondisi suhu mendidih. Setelah mendidih, diamkan lebih dulu beberapa menit. Hal ini untuk mengurangi pelarutan kafein yang lebih besar dan cenderung menimbulkan rasa pahit yang lebih. Semakin panas airnya, maka rasa pahitnya akan semakin kuat.
  2. Kalau kamu merasa biji kopi yang kamu pilih memiliki rasa pahit yang sangat kuat dan kamu tidak menyukainya namun tetap ingin membuatnya, kamu bisa menambahkan sedikit garam pada serbuk bijik kopi sebelum menyeduhnya. Masukkan dalam cangkir yang akan dijadikan tempat kopi. Ini akan bisa membantu mengurangi rasa pahit kafein dalam kopi.
  3. Buat kamu yang nggak punya penyakit diabetes atau sejenisnya, menambahkan sedikit gula pada kopi hitam juga bisa membantu mengurangi rasa pahit pada kopi.
  4. Kalau dengan gula pun kamu merasa masih pahit, kamu juga bisa menambahkan sejenis susu, yang paling dianjurkan jenis UHT bukan creamer.
  5. Pastikan juga biji kopi yang akan kamu buat masih segar dan harum aromanya. Jika kamu mendapatkan biji yang baru disangrai dan dihaluskan, ini keberuntungan untuk kamu bisa membuat kopi nikmat dan mantap.

Kopi Hitam itu nikmat

Cara membuat kopi hitam yang mantap tak selalunya harus menggunakan alat yang canggih. Saat di lapangan mungkin kamu hanya membawa penyeduh sederhana, selagi kamu tau tekniknya, yang sederhana pun akan jadi luar biasa. Sesekali boleh lah kamu nongkrong di kafe untuk mencari tau jenis varian terbaru yang banyak digemari orang, namun selanjutnya kamu bisa praktek sendiri di rumah.

Langkah-Langkah Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Mantap
Berikut ini langkah dan cara membuat kopi hitam yang mantap saat kamu berada di lapangan dan hanya tersedia alat-alat sederhana:
  1. Didihkan air 2 cangkir dengan menggunakan panas api yang sedang. Gunakan jenis air mineral untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih asli, tidak tercampur dengan rasa yang lainnya.
  2. Sesaat sebelum mendidih, masukkan serbuk biji kopi segar ke dalam wadah tersebut, lalu aduk perlahan-lahan sampai mendidih. Matikan api.
  3. Sediakan mug yang dilengkapi dengan filter atau kertas saring, lalu tuangkan kopi tadi secara perlahan-lahan. Angkat tinggi-tinggi mug yang dituangkan berisi kopi yang akan disaring supaya muncul busa kopi yang menambah aroma.
  4. Sediakan cangkir, sebaiknya terbuat dari bahan keramik. Cangkir dengan bahan keramik akan lebih lama menahan panas, kopi kamu akan lebih tahan lama hangatnya dan tidak cepat dingin.
  5. Jika kamu ingin menambahkan gula, masukkan gula ke dalam cangkir, lalu letakkan lagi kertas saring pada cangkir tersebut.
  6. Tuangkan kopi dalam mug yang sudah disaring pertama tadi, tuangkan melewati kertas saring pada cangkir. Proses penyaringan kedua sedang berlangsung.
  7. Aduk kopi dalam cangkir yang telah dicampur gula. Bila tak menggunakan gula, kamu akan merasakan rasa kopi hitam asli yang enak dan mantap. Cara membuat kopi hitam yang mantap ini bisa kamu lakukan di mana saja asal punya biji kopi yang enak dan segar.

Soal komposisi berapa banyak kopi dan berapa banyak gula ini juga soal selera. Meskipun di kafe-kafe terkenal dan para ahli kopi sudah membuat rumusannya, tapi sekali lagi buat para pemula maupun yang sudah tingkat lanjut, selera akan berbeda. Terlebih lagi jika memiliki penyakit lain seperti maag, semua harus diperhitungkan berdasarkan kemampuan tubuh. Kopi nikmat memang soal selera, dan selera itu relatif. Cara membuat kopi hitam yang mantap juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat-alat kopi.

Biasanya di setiap alat sudah dijelaskan cara penggunaan dan keunggulannya. Untuk selera lanjutan, silakan menelusuri fungsi dan jenis-jenis alat kopi untuk membuat kopi hitam yang nikmat dan enak.

[ Kopimat | Kopi Nikmat ]