Langsung ke konten utama

5 Tips Pintar Saat Ngopi di Kedai Kopi

5 Tips Pintar Saat Ngopi di Kedai Kopi Coffee Shop Cafe

5 Tips Pintar Saat Ngopi di Kedai Kopi
Kalau kamu penikmat kopi yang selalu melabuhkan selera mu ke kedai kopi, cobalah melakukan hal-hal menarik di sana supaya tidak bosan. Meskipun kopi tak pernah membuat kita bosan, adakalanya suasana yang tak nyaman akan membuat kita tidak asyik lagi saat ngopi. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat ngopi di kenal kopi:
  1. Ramah tamah dengan barista
    Kenapa tak coba sesekali berbincang dengan para barista, apalagi kedai kopi itu sangat sering kamu kunjungi. Bukan untuk hal yang lain, ramah tamah ini penting buat kamu supaya banyak hal bisa kamu tanyakan pada barista. Kalau kamu sering berbincang dengan mereka, kamu tak akan segan misalnya menanyakan secara detail tentang kopi yang akan kamu pesan, atau bahkan meminta gelas paling kecil yang ada di kafe itu untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jika sudah kenal akan lebih mudah, atau bahkan kamu akan dapat informasi diskon yang orang lain belum tau. Kenapa tak mulai coba berbincang-bincang dengan para barista di tempat kamu biasa ngopi?
  2. Mencoba menu yang berbeda setiap waktu
    Sudah berapa lama Anda ngopi di kedai kopi, lalu berapa banyak varian kopi yang Anda coba? Kebanyakan orang malas berganti-ganti menu karena takut kecewa, tapi dengan begitu artinya kamu membatasi pengalaman lidah kamu sendiri. Bukankah setiap waktu selera bisa saja berganti? Cobalah mulai mencicipi kopi-kopi yang lebih sehat untuk efek kebaikan jangka panjang. Misalnya mulai lah mencoba kopi tanpa gula, pilih jenis kopi terbaik di kedai itu, lalu mulai lah belajar menikmati kejujuran rasa dari kopi yang kamu minum. Ini akan memberikan pengalaman yang berkesan untuk mu.
  3. Tinggalkan gadget
    Banyak orang ngopi tetapi lebih fokus pada gadget atau laptop yang mereka bawa. Terkadang duduk berdua dengan orang pun masih tetap fokus pada teknologi. Ngopi itu suasana santai, cobalah untuk berbincang lebih banyak pada orang yang ada di depan mu, pada orang-orang tersayang yang kamu ajak ngopi. Matikan sejenak gadget yang kamu bawa. Terlebih lagi saat kopi sudah datang dan siap untuk kamu minum. Mulai lah berbincang secara santai dengan teman kamu, itu waktu berharga yang tak bisa digantikan. Orang akan lebih merasa kamu hargai dengan cara ini.
  4. Mencoba berbagai kedai kopi
    Kalau kamu tipe orang setia, kamu memang sulit mengganti selera. Sudah bertahun-tahun ngopi di tempat A, kamu sama sekali tak pernah tau kalau sekarang sudah banyak tempat-tempat ngopi yang asyik, yang harganya murah dan tempatnya lebih oke. Nah, itu akibat apa? Karena kamu tidak mau jalan-jalan untuk mencoba yang lain. Teknologi kopi juga selalu berkembang, ini akan menentukan rasa. Pilihlah kedai kopi yang menggunakan teknologi tercanggih masa kini dengan harga yang sesuai untuk budget. Temukan juga suasana yang paling nyaman. Dan pastinya soal varian kopi yang disediakan, harus sesuai dengan selera di lidah kamu.
  5. Ngopi sendirian
    Banyak orang yang merasa kurang pede saat ngopi sendirian, tapi sebenarnya ini cara paling asli kamu yang ingin merasakan sentuhan rasa kopi yang sesungguhnya. Kamu bisa meneguknya pelan-pelan, merasakan apa yang kurang dari kopi itu. Kamu tidak akan terganggu dengan opini dari teman mu. Kalau kamu ngopi bersama orang lain, perbincangan akan membuatmu kurang fokus menikmati secangkir kopi. Tapi saat sendirian, kamu bisa lebih fokus memikir sesuatu yang sedang ada di kepalamu.

Banyak cara berbeda lainnya yang bisa kamu lakukan di kedai kopi supaya tidak bosan. Misalnya lagi, kamu bisa membawa kertas dan catatan untuk merangkai sebuah puisi indah di sana. Atau menulis banyak hal yang barangkali di tempat luar akan membuat mu kurang fokus. Ingat bahwa kopi membantu tingkat fokus, maka manfaatkan waktu ngopi untuk memikirkan hal-hal yang kamu anggap penting. Kenyamanan saat ngopi juga perlu, jangan pergi ngopi dengan rekan yang sering membuat mu jengkel. Nanti suasana ngopi akan kacau. Selamat berpetualang menikmati kopi-kopi terbaik di lidah kamu.

[Kopi Nikmat di Kedai Kopi]

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Takaran, Cara Meracik dan Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah

Jumlah Takaran, Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Pas di Lidah Jumlah takaran, cara meracik dan membuat kopi hitam yang enak tentu saja dibutuhkan informasinya oleh Anda para pecinta kopi. Terutama buat Anda yang belum punya selera yang pas, atau mungkin jenuh dengan rasa yang Anda nikmati saat ini dan ingin kembali berpetualang menemukan rasa yang baru dalam menyeduh kopi. Jumlah komposisi kopi, air atau gula bagi yang menggunakan gula tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Buat Anda pecinta kopi asli tanpa gula, jumlah air dan berapa gram kopi yang dicampurkan akan mempengaruhi tingkat kepahitan seduhan kopi. Bila terlalu banyak air biasanya akan hambar, namun bila terlalu sedikit pun rasa pahit akan begitu terasa. Terlebih lagi jika Anda membuatnya dengan air mendidih 100 derajat, kafein akan larut sempurna dan pahitnya akan begitu terasa. Oleh karena itulah, para pakar kopi dunia telah mencari tahu bagaimana takaran, cara meracik dan membuat kopi hit

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam

Takaran Membuat Segelas Kopi Hitam Bila ingin mendapatkan segelas kopi yang nikmat rasanya, maka Anda harus memperhatikan takaran membuat segelas kopi hitam maupun yang Anda campur dengan gula atau susu. Soal rasa sebenarnya relatif. Ada juga yang mengonsumsi kopi disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Misalnya penderita maag, dianjurkan mengkonsumsi jenis kopi yang tingkat keasamannya lebih rendah. Maka sebelum kopi diseduh, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui tingkat keasaman kopi tersebut agar tidak berefek pada asam lambung. Sebelum memastikan secangkir kopi yang akan Anda seduh tersebut nikmat sesuai takaran, ada juga hal lain yang perlu diketahui sebagai rahasia kelezatan kopi, yakni: Pemilihan saat membeli, baca lebel dan keterangan yang ada di kemasan. Saat ini ada banyak perusahaan kopi yang membuat kopi dengan campuran bahan lainnya, saling bertanya dengan sesama pecinta kopi akan membantu Anda mendapatkan jenis kopi terbaik. Jangan berpikir kopi dengan

Jenis dan Standar Kopi Espresso (Coffee Standards Espresso)

Kopimat.com - Apakah Anda mengetahui jenis minuman kopi espresso yang Anda pesan adalah minuman kopi espresso single shot, double shot, atau triple shot? Banyak yang tidak memahami hal tersebut. Sebagian menyerahkan keputusan jenis minumannya kepada barista. Sebagian lagi asal-asalan memesan jenis minuman kopi yang hendak dinikmatinya. Ada yang tida mengetahui standar kopi espresso (Coffee Standards : Espresso). Bahkan banyak yang tidak mengetahui apa itu defenisi kopi espresso itu sendiri. Banyak barista mengandalkan pada dasar berat kopi 18 gram dalam wadah seduh kopi bertekanan dari mesin yang tersedia. Hal ini menyebabkan tidak standarnya citarasa kopi pada jenis minuman kopi espresso. Untuk itu perlu kita ketahui tentang defenisi kopi espresso dan standar yang berlaku sehingga kopi espresso benar-benar disebut kopi espresso, bukan varian dari kopi espresso. Espresso berasal dari bahasa Itali yang berarti cepat. Penyajiannya harus memenuhi standar kopi espresso sehingga dapat dise